Belajar dari Pengalaman Presiden Direktur Pertamina Foundation
Published by: Universitas Pertamina
Selasa, 4 Juni 2024
Dibaca: 1615 kali
Andreasen (2006) dalam jurnalnya “Community-Based Social Marketing: A Review of the Literature”, menjelaskan bahwa pendekatan komunitas merupakan strategi pemasaran sosial yang sangat efektif untuk mempromosikan perubahan sosial. Hal ini diamini oleh Sim et al (2016) yang menyatakan bahwa pendekatan komunitas jauh lebih efektif dan signifikan dibandingkan dengan pendekatan tradisional.
Menyadari pentingnya peran komunitas dalam pemasaran sosial, Mahasiswa Komunikasi Universitas Pertamina menghadiri kuliah tamu yang berjudul Community Based Approach To Social Marketing pada Jumat (31/05). Berlangsung di Auditorium, Gedung Griya Legita, acara ini dihadiri oleh mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Manajemen Komunikasi Pemasaran Sosial pada pukul 13.00 WIB sampai 15.30 WIB.
Dalam sesi kuliah tamu, Agus Mashud s. Asngari selaku Presiden Direktur Pertamina Foundation hadir sebagai pembicara. Agus menjelaskan pengalamannya dalam mengelola kegiatan Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang digeluti oleh Pertamina Foundation. Dalam hal ini Agus menekankan pentingnya pemetaan isu sosial yang cermat sebelum memulai program. Salah satunya adalah program PF Innovation yang berkolaborasi bersama komunitas Program Desa Energi dan Program Kampung Iklim menghasilkan konservasi mangrove dan bekantan.
Pada akhir kelas, para mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok untuk merancang strategi pemasaran sosial terhadap isu yang terjadi di masyarakat.
“Kuliah ini sangat menyenangkan karena kami dapat pengalaman langsung dari praktisi Pertamina Foundation. Saya pribadi sangat suka dengan sesi diskusi langsung yang membuat mahasiswa berpikir kritis mengenai penerapan strategi pemasaran sosial.” tutur Aura, Mahasiswa Mata Kuliah Manajemen Komunikasi Pemasaran Sosial. [AN]
Bagikan:
Bagikan ke WhatsApp
Bagikan ke Facebook
Bagikan ke X
Bagikan ke Telegram
Bagikan ke LinkedIn
Tinggalkan Balasan
Isi komentar sepenuhnya adalah tanggung jawab pengguna dan diatur dalan UU ITE