Ilmu Komunikasi

Ilmu Komunikasi adalah disiplin ilmu yang mempelajari dan menjelaskan usaha manusia berbagi pengetahuan dan informasi serta saling memahami satu sama lain melalui proses pertukaran pesan. Oleh sebab itu, Ilmu Komunikasi memusatkan perhatiannya pada faktor-faktor sosial, politis, kultural, dan teknologi yang berperan dalam proses komunikasi baik pada konteks interpersonal, kelompok, organisasional, publik, dan bermedia.

Tentang Program Studi

Program Studi Ilmu Komunikasi lahir seiring dengan berdirinya Universitas Pertamina pada 11 Februari 2016. Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan wujud komitmen Universitas Pertamina untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks di sektor industri dan pada tataran kehidupan sosial. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina dirancang untuk menghasilkan tenaga kerja siap pakai yang profesional dan berintegritas, baik sebagai praktisi maupun akademisi. Kurikulum program studi didisain secara apik sehingga mampu memberikan pengetahuan dan skill yang luas bagi mahasiswa agar dapat bersaing di dunia kerja yang dinamis dan kerap menuntut fleksibilitas. Dukungan fasilitas dan kedekatan dengan industri membuat Program Studi ini pun memiliki ciri khas pembelajaran yang mengarah pada pengelolaan resiko dan krisis komunikasi perusahaan dan lingkungan sosial. Program studi ini juga fokus pada upaya peningkatan kemandirian mahasiswa dalam penggunaan, penciptaan, dan analisis konten media.

Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki sejumlah keunggulan antara lain:

  • Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi disesuaikan dengan standar nasional dan mengacu pada praktik akademik internasional.
  • Aspek Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif menjadi basis kurikulum program studi sehingga mahasiswa sejak awal diarahkan menjadi pribadi yang kritis dan pembelajar yang aktif.
  • Selain melalui pembelajaran rutin, mahasiswa dapat mendalami bidang keilmuannya dan berkenalan dengan dunia kerja melalui paparan praktisi dari sektor industri terkait yang diundang secara berkala.
  • Mahasiswa tidak hanya menerima materi di dalam kelas, namun juga terjun langsung melihat praktik industri melalui kegiatan kunjungan perusahaan, fieldtrip, dan kerja praktik di sektor industri yang relevan.
  • Melalui kegiatan proyek multidisiplin dan mata kuliah Konsep Pengembangan Ilmu Pengetahuan (Sains Terintegrasi), mahasiswa dapat belajar beradaptasi dan bekerja sama di dalam kelompok yang memiliki latar belakang keilmuan yang berbeda untuk mencapai tujuan bersama dalam menyelesaikan masalah yang kompleks. Hal ini menjadi bekal bagi mahasiswa agar sukses dalam bersosialisasi dan berinteraksi di dunia kerja di masa depan dan menanggalkan ego kebidangannya.
  • Mahasiswa bebas memilih peminatan keilmuan yang terdiri dari 2 (dua) bidang yaitu Komunikasi Strategis dan Manajemen Media.
  • Mahasiswa mendapatkan sejumlah fasilitas pendukung pembelajaran, seperti studio komunikasi, sehingga mereka dapat mengasah skill dalam memproduksi sejumlah produk komunikasi.
  • Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat lulus dalam waktu 3.5 tahun.
  • Mahasiswa dipersiapkan melangkah memasuki dunia kerja melalui mata kuliah Persiapan Memasuki Dunia Kerja dan Etika Profesi.

Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina memiliki beberapa jenis kelompok mata kuliah yaitu;

  1. Mata Kuliah Dasar Ilmu Komunikasi:
  • Pengantar Ilmu Komunikasi
  • Teori-Teori Komunikasi
  • Filsafat Ilmu Sosial
  • Pengantar Ilmu Ekonomi
  • Pengantar Manajemen
  • Pengantar Antropologi
  • Pengantar Sosiologi
  • Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
  1. Mata Kuliah Keterkaitan Dasar-Dasar Komunikasi dan Penggunaannya:
  • Komunikasi Antarpribadi
  • Komunikasi Kelompok
  • Komunikasi Massa
  • Komunikasi Organisasi
  • Komunikasi Antarbudaya
  • Komunikasi Politik
  • Psikologi Komunikasi
  • Dasar-Dasar Komunikasi Strategis
  • Dasar-Dasar Jurnalistik
  • Literasi Media dan Informasi
  • Komunikasi Visual
  • Public Relations
  • Manajemen Media
  • Statistika Sosial
  • Metode Penelitian Sosial
  • Produksi Konten Multimedia
  • Komunikasi Pemasaran
  • Perilaku Konsumen
  • Manajemen Pemasaran Sosial
  • Hukum dan Etika
  • Komunikasi Energi
  • Komunikasi Risiko dan Lingkungan
  • Sosiologi Komunikasi
  • Public Speaking
  • Relasi Kuasa dan Globalisasi
  • Isu-Isu Komunikasi Kontemporer.
  1. Mata Kuliah Peminatan Komunikasi Strategis dan Manajemen Media:
  • Penulisan Public Relations
  • Produksi iklan
  • Manajemen Kegiatan
  • Penulisan dan Reportase Jurnalisme
  • Pasar dan Bisnis Media
  • Media Digital dan Budaya.
  1. Proyek Multidisiplin dan Tugas Akhir.

Lulusan sarjana ilmu komunikasi mampu memberikan alternatif solusi permasalahan komunikasi dalam isu-isu global terutama di sektor industri dengan berlandaskan etika profesi komunikasi. Beberapa bidang profesi yang dapat dikerjakan oleh lulusan sarjana ilmu komunikasi antara lain:

  • Public Relations
  • Media Manager
  • Content dan communication preneur
  • Jurnalis media elektronik dan cetak
  • Penyiar/Pembaca Berita
  • Produser konten media
  • Creative
  • Akademisi bidang Komunikasi
  • Akademisi bidang Komunikasi
  • Communication Marketers
  • Event Organizer/Coordinator
  • Advertisement Creator
  • Communication Specialist
  • Development Officer
  • Dan lain-lain…….

Peminatan Program Studi

Mahasiswa bebas memilih peminatan keilmuan yang terdiri dari 2 (dua) bidang yaitu Komunikasi Strategis dan Manajemen Media. Mahasiswa dapat mengambil mata kuliah peminatan pada semester 5. Peminatan Komunikasi Strategis akan fokus membahas lebih dalam tentang public relations dan periklanan. Sementara Manajemen Media akan mendalami tentang produksi konten, pengelolaan bisnis media, dan kajian media serta jurnalisme.

Kegiatan yang Telah Dilaksanakan

Sejak pendiriannya, prodi Ilmu Komunikasi telah banyak melakukan kegiatan – kegiatan pembelajaran, pengembangan kompetensi dosen dan mahasiswa, serta menjalin sejumlah kerja sama organisasi. Prodi juga aktif dalam melakukan penelitian yang dananya berasal dari internal Universitas maupun lembaga eksternal. Sejumlah penelitian telah dipresentasikan di konferensi tingkat nasional maupun internasional. Untuk bidang Pengabdian Masyarakat, dosen Prodi Ilmu Komunikasi telah menjadi narasumber dalam sejumlah seminar dan workshop. Selain itu, dosen dan mahasiswa pun melakukan kegiatan sosialisasi dan edukasi ke masyarakat terkait sejumlah isu di bidang komunikasi dan energi.

Daftar Dosen

Ketua Program Studi:

Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc.

Dosen:

  1. Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc
  2. Dr. Adde Oriza Rio
  3. Atiqa Khaneef Harahap, S.Ikom, M.Si
  4. Fitria Andayani, S.Ikom, M.A
  5. Ita Musfirowati Hanika, S.A.P, M.I.Kom
  6. Melisa Indriana Putri, S.Ikom, M.I.Kom
  7. Muhammad Nur Ahadi, M.I.Ko