Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Gelar CHEMITION 2020

Jakarta—Memperingati Chemical Engineering Festival Universitas Pertamina (CHEFEST), Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Universitas Pertamina menggelar acara bertajuk Chemical Engineering Competition (CHEMITION) 2020. Rangkaian acara tersebut berlangsung tanggal 30-31 Januari 2020 di gedung Griya Legita, Universitas Pertamina.

CHEMITION adalah acara tahunan rutin yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) Universitas Pertamina yang terdiri dari EC-CHE (Essay Competition) untuk siswa tingkat SMA/sederajat dan SPC CHE (Scientific Paper Competition) untuk Mahasiswa. 10 karya terbaik SPE-CHE  mempresentasikan hasil penelitiannya di kampus Universitas Pertamina.

Pendaftaran lomba sudah berlangsung sejak bulan Oktober 2019 hingga Januari 2020, sedangkan rangkaian acara CHEMITION diadakan pada tanggal 30-31 Januari 2020. Pada tanggal 30 Januari 2020 , berlangsung kegiatan scientific paper exhibition atau pameran karya di Lobi Griya Legita, Universitas Pertamina. Pada tanggal 31 Januari 2020, berlangsung  sesi final presentasi scientific paper dan pada malam harinya dilaksanakan Gala Dinner sekaligus pengumuman pemenang lomba. Gala Dinner tersebut dihadiri oleh Ketua Prodi Teknik Kimia Universitas Pertamina, Ketua HMTK Universitas Pertamina, Ketua AICHE Universitas Pertamina, dan para finalis yang lolos dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah CHEMITION 2020.

Tim yang berhasil menjuarai kompetisi EC-CHE, diantaranya Juara pertama diraih oleh tim dari MAN 3 Banyuwangi, juara kedua diraih oleh tim dari SMAN 1 Badegan Ponorogo, dan juara ketiga diraih oleh tim dari SMAN 4 Denpasar. Sedangkan, tim yang berhasil menjuarai kompetisi SPC CHE, diantaranya juara Pertama diraih oleh tim dari Universitas Brawijaya dengan judul penelitian “SI SEMAR MANGAN Sistem Smart-cage Rumah Lingkungan Sumber Energi Limbah Kotoran Sapi Trend Revolusi 4.0”; STEM AKAMIGAS dengan judul penelitian “Inovasi Pemanfaatan Limbah Buah Roda (HURA CREPITANS) Sebagai Biobriket Dalam Upaya Penyediaan Energi Alternatif Terbarukan Di Wilayah Cepu”; dan Institut Teknologi Bandung dengan judul penelitian “Pemanfaatan Emisi Gas Karbondioksida Menjadi Energi Listrik dengan tujuan Mencapai Kesetimbangan Ekosistem”.

*Uha

Contact Appointment