Hadirkan Kelas Inspirasi Lewat Program Temani Aku Untuk Belajar, Universitas Pertamina Ajak Siswa Miliki Cita-Cita Tinggi

Kelas Inspirasi di Program Temani Aku Untuk Belajar. Minggu, 29 September 2019

Jakarta– Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat, dan Inovasi (LPPMI) Universitas Pertamina melalui program “Temani Aku Belajar”  menghadirkan kelas tambahan yaitu “Kelas Inspirasi”. Kelas ini  bertujuan untuk memberikan inspirasi pada anak-anak dalam mewujudkan cita-cita mereka dengan mendatangkan para pengajar dari berbagai profesi sehingga menambah wawasan para siswa tentang berbagai jenis pekerjaan.

Kelas Inspirasi diinisiasi karena anak-anak di RW 06 Kelurahan Grogol Seltan Kecamatan kebayoran Lama, Jakarta Selatan tidak memiliki wawasan yang cukup mengenai profesi-profesi yang ada saat ini. Mereka hanya berpaut kepada profesi orang tua, guru, polisi, dan dokter.  Sehingga sering dari mereka memiliki orientasi yang sempit saat mereka menyampaikan apa yang menjadi cita-cita mereka.

Baca Juga:
Bantu Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Optimalkan Waktu Belajar Anak di Malam Hari, Universitas Pertamina Laksanakan Program “Temani Aku Untuk Belajar”

Kelas Inspirasi ini berlangsung perdana pada hari Minggu, 29 September 2019. Acara dibuka oleh Sukriyah sebagai perwakilan dari RT setempat dan Betanti Ridhosari, M.T selaku Manajer Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pertamina. Kemudian dilanjutkan dengan Kelas Inspirasi diselingi dengan kelas kreatifitas daur ulang sampah plastik dan eksperimen maket gunung berapi. Kedepannya kelas ini akan dilakukan selama satu bulan sekali hingga bulan Desember 2019.

Suasana Kelas Inspirasi Program Temani Aku Untuk Belajar. Minggu, 29 September 2019

Sesi Kelas Inspirasi kali ini membahas tentang bidang energi dan bidang lingkungan. Bidang energi diisi oleh  dosen perminyakan Universitas Pertamina, Weny Astuti, M.T. dan Dara Ayuda Maharsi, S.T., M.T.  Bidang lingkungan diisi oleh dosen Teknik Lingkungan Universitas Pertamina,  I Wayan Koko Suryawan, S.T., M.T.

Dalam bidang energi, anak-anak diberikan informasi profesi dosen maupun ahli perminyakan serta diajak melakukan eksperimen tentang bagaimana cara memperoleh minyak bumi dari bawah tanah. Sedangkan  dalam bidang lingkungan, anak-anak diajarkan tentang kandungan pH air bersih dan kotor serta pH minuman yang sering mereka konsumsi.

Suasana kelas saat penyampaian materi tentang kandungan pH air bersih dan kotor. Minggu, 29 September 2019

“Harapannya melalui Kelas Inspirasi yang mendatangkan motivator atau inspirator dari berbagai profesi membuat anak-anak tahu bahwa ada profesi lain di luar sana” Ujar Berlit, salah satu motivator yang mengisi Kelas Inspirasi. Kelas Inspirasi juga diharapkan membuka wawasan anak-anak bahwa ada banyak profesi-profesi diluar sana sangat besar kemungkinan untuk diraih.

“Sayangnya, program Temani Aku Untuk Belajar dan Kelas Inspirasi ini masih kekurangan tenaga pendidik ataupun inspirator. Padahal, jumlah anak-anak yang mengikuti kelas semakin bertambah, sekarang menjadi 74 anak. Oleh karena itu, kami ingin mengajak bapak/ibu dan teman-teman lainnya untuk dapat memberikan waktunya, berbagi inspirasi dan motivasi agar anak-anak memiliki cita-cita dan impian yang mereka inginkan.“ tutup Berlit

Contact Appointment