Hadir di Kuliah Umum UPbringing Session, Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero) Mengajak Mahasiswa Universitas Pertamina Berfikir Kritis

Jakarta–Universitas Pertamina menyelenggarakan kuliah umum UPbringing Session dengan menghadirkan Budi Santoso Syarif selaku Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero). Topik kali ini membahas “Opportunity and Sustainablility of Oil and Gas Industry in Indonesia: Oil Refinery Business Challenge” yang berlangsung di Auditorium lantai 3 Gedung Griya, Legita Universitas Pertamina pada 05 November 2019.

Dalam kesempatan ini, beliau menyampaikan value chain bisnis Oil & Gas terdiri atas berbagai proses dari hulu ke hilir untuk mengolah crude (minyak mentah) menjadi end product. Cadangan minyak Indonesia adalah sebesar 0.2% cadangan dunia sekaligus yang terbesar di regional SEA. Sedangkan kapasitas pengolahan minyak di Indonesia adalah ketiga terbesar di SEA.

Budi Santoso Syarif, Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), menyampaikan materi di kelas umum UPbringing. Selasa, 05 November 2019.

Disisi lain, cadangan minyak dunia semakin menipis dimana sebagian besar dimiliki oleh negara OPEC. Dengan konsumsi rata-rata dunia terhadap minyak saat ini, maka cadangan minyak dunia kemungkinan akan habis dalam 32 tahun lagi.

Menanggapi hal tersebut, para pengusaha minyak di dunia berlomba untuk mencari alternatif energi terbaharukan (pengganti crude), diantaranya adalah minyak Nabati untuk diolah menjadi Green Fuel (Biorefinery). Indonesia (melalui Pertamina) memiliki roadmap pembangunan Biorefinery untuk memproduksi Bahan Bakar Nabati (BBN) dan Minyak Sawit.

Budi Santoso Syarif, Direktur Pengolahan PT Pertamina (Persero), menyampaikan materi di kelas umum UPbringing. Selasa, 05 November 2019.

Diakhir Sesi, beliau berpesan untuk para mahasiswa Universitas Pertamina. “Mahasiswa dapat lebih banyak melakukan hal-hal yang bisa meningkatkan wawasan untuk memajukan Universitas Pertamina. Juga dapat lebih kritis untuk menjadi seorang leader. Be global leader!,” tuturnya. Harapan kedepan, Universitas Pertamina mampu melahirkan sarjana-sarjana yang bisa langsung digunakan untuk mengembangkan Indonesia, khususnya PT Pertamina (Persero), kearah yang lebih maju.

 

*Uha

Contact Appointment