Gali Kebutuhan Inovasi di Dunia Industri, Program Studi Teknik Kimia Universitas Pertamina Lakukan Studi Ekskursi

Jakarta — Pada tanggal 6 hingga 8 Januari 2020, Program Studi Teknik Kimia Univeristas Pertamina melakukan studi ekskursi ke beberapa perusahaan yang berada di Jawa Tengah. Studi ekskursi ini bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa mengenai aplikasi ilmu teknik Kimia yang diterapkan di bidang industri sehingga dapat memberikan gambaran untuk persiapan dunia kerja serta pembaharuan atau inovasi dimasa yang akan datang.

Pada hari pertama, 6 Januari 2020, dilaksanakan kunjungan ke PT. Pertamina Refinery Unit IV yang berlokasi di Cilacap. Kunjungan disambut langsung oleh Bapak Didit Bahagia selaku Senior Manager Operation and Manufacturing RUI IV Cilacap. Pada kunjungan tersebut, mahasiswa berkesempatan mengetahui overview kilang, pengetahuan HSSE serta kunjungan langsung ke kilang.

Kunjungan Mahasiswa Prodi Teknik Kimia ke PT. Pertamina Refinery Unit IV yang berlokasi di Cilacap. Senin, 6 Januari 2020

Pada hari kedua, 7 Januari 2020 dilaksanakan kunjungan ke Rumah Atsiri Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar. Pada kunjungan tersebut mahasiswa berkesempatan melihat proses pembuatan minyak atsiri serta essential oil lainnya.

Kunjungan mahasiswa prodi Teknik Kimia ke Rumah Atsiri Indonesia yang berlokasi di Kabupaten Karanganyar. Selasa, 7 Januari 2020

Pada hari ketiga, 8 Januari 2020 dilaksanakan kunjungan ke pabrik gula mlik PT. Madukusmo yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada kunjungan tersebut, mahasiswa berkesempatan mengetahui secara langsung proses pembuatan gula dan proses pengolahanya.

Kunjungan mahasiswa prodi Teknik Kimia ke
ke pabrik gula mlik PT. Madukusmo yang berlokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta. Rabu, 8 Januari 2020

Selain memberikan gambaran persiapan dunia kerja, studi ekskursi ini juga secara langsung memberikan gambaran kepada para mahasiswa mengenai inovasi apa saja yang dibutuhkan dunia industri yang dapat mereka kembangkan pada saat kegiatan perkuliahan.

*Uha

Contact Appointment