Program Studi
Teknik Logistik UP mempelajari perancangan dan manajemen untuk memastikan aliran barang, informasi, modal dan uang berada pada tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.

Tentang Program Studi
Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina memiliki dua kajian aliran rantai pasok, yaitu inbound logistics yang ranahnya berkisar antara supplier dan manufacturer serta outbond logistics yang membahas hubungan antara supplier dan retailer. Inbound logistics adalah kegiatan pengadaan bahan mentah atau barang kebutuhan industri, sedangkan outbond logistics adalah kegiatan distribusi barang jadi dari manufacturer hingga ke konsumen akhir. Secara garis besar, ruang lingkup kegiatan logistik berhubungan dengan empat strategi, yaitu tingkat pelayanan konsumen, strategi lokasi fasilitas logistik, strategi keputusan persediaan, dan strategi keputusan transportasi darat, laut, udara, dan intermoda.

Keunggulan
Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan yaitu:
• Program studi pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berbasis teknologi dan bisnis energi.
• Kesempatan untuk kerja praktik, magang industri dan mengerjakan studi kasus secara langsung di PERTAMINA dan anak-anak perusahaannya.
• Kurikulum prodi disusun menurut aturan akreditasi internasional ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) dan ASIIN (Accreditation Agency for Degree Programmes in Engineering, Informatics, the Natural Sciences and Mathematics), disesuaikan dengan kebutuhan global, dan satu-satunya di Indonesia yang disertai mata kuliah Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif sebagaimata kuliah wajib di tahun pertama perkuliahan.

Deskripsi Mata Kuliah Utama
Mata kuliah Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina mencakup:
• Tahun 1: Ilmu sains dasar (basic science) seperti fisika dasar, kimia dasar, dan Bahasa Inggris.
• Tahun 2: Ilmu dasar teknik yang terkait dengan teknik logistik seperti statistik industri, Production Planning and Inventory Control (PPIC), dan sistem transportasi.
• Tahun 3: Ilmu teknik logistik lanjutan (advanced technical skill) seperti sistem informasi logistik, sistem pergudangan, dan perancangan sistem logistik.
• Tahun 4: Dikhususkan untuk mata kuliah pengayaan, termasuk kerja praktik yang bersifat analitik untuk menyelesaikan permasalahan yang nyata di perusahaan. Pada semester akhir, mahasiswa diwajibkan membuat Tugas Akhir yang bertujuan merangkum seluruh kompetensi yang didapat mahasiswa di semester-semester yang sudah dilalui.

Proyeksi Lulusan
Lulusan Program Studi Teknik Logistik Universitas Pertamina dapat bekerja di berbagai bidang seperti perusahaan transportasi dan distribusi (termasuk di pelabuhan, bandara, terminal, dan stasiun), pergudangan, ekspor, impor, minyak dan gas, manufaktur, jasa pelayanan logistik, lembaga konsultasi, atau procurement and sales, baik sebagai staf operasional maupun planner yang kemudian dapat menjajaki karir hingga menjadi manajer dan menempati posisi puncak perusahaan. Selain itu, lulusan Teknik Logistik juga bisa menjadi peneliti atau pengajar di lembaga penelitian ataupun di universitas

Daftar Kepala Program Studi dan Dosen
Koordinator ProdiYelita Anggiane Iskandar, M.T.

Dosen1. Anisha Maharani, S.T., M.Sc
2. Gita Kurnia, S.T., M.Sc
3. Harummi Sekar Amarilies, S.T., MBA
4. Nur Layli Rachmawati S.T., M.T
5. Rio Turnadi, S.T., M.Sc
6. Yelita Anggiane Iskandar, S.T., M.T