Program Studi
Teknik Elektro UP mempelajari tentang dasar dari sistem kelistrikan yang akan digunakan untuk menunjang teknologi industri. Keunggulan dari prodi Teknik Elektro UP adalah berfokus pada bisnis teknologi energi dan sistem pembelajarannya menggunakan sistem project-based learning. Prodi Teknik Elektro berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang bisa menyelesaikan permasalahan dengan metode tepat guna sesuai dengan bidangnya. Sehingga lulusan dari prodi Teknik Elektro siap berkontribusi untuk perkembangan teknologi industri sesuai dengan kemajuan jaman dan mampu bersaing secara global.

Tentang Program Studi
Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina mengembangkan keilmuan dibidang rekayasa, terutama rekayasa energi listrik. Program Studi ini merupakan ilmu rekayasa yang sudah matang dan memiliki prospek yang sangat kuat di area industri; dikarenakan perkembangan teknologi industri di semua bidang tidak dapat dilepaskan dari pengetahuan Teknik Elektro.

Keunggulan

Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:

  • Pengembangan kurikulum disesuaikan dengan permasalahan yang ada di industri teknologi dan energi terkini. Metode Teknik Elektro memiliki pembelajaran yang secara langsung membahas kasus-kasus yang terjadi di PERTAMINA (project-based learning) serta berbasis kompetensi dan berstandar ABET (internasional Accreditation Board for Engineering and Technology).

  • Memiliki fasilitas laboratorium yang lengkap dan selalu diperbaharui mengikuti perkembangan teknologi dan pustaka utama bertaraf internasional untuk materi pengajaran di semua mata kuliah.

  • Fasilitas riset bekerja sama dengan bisnis industri dari hulu sampai hilir PERTAMINA, dimana sinergi dapat terjadi antara dosen, mahasiswa serta melibatkan PERTAMINA dan anak perusahaannya.

  • Mahasiswa memiliki kesempatan mendapatkan pengarahan langsung oleh tutor dari PERTAMINA.

Proyeksi Lulusan

Lulusan Program Studi Teknik Elektro Universitas Pertamina dibutuhkan oleh industri-industri strategis, antara lain:

  • Profesi yang luas di bidang industri manufaktur dan energi.

  • Ahli bidang Kelistrikan: desain dan konstruksi sistem kelistrikan, engineer listrik industri, engineer transmisi dan distribusi listrik, engineer pembangkit listrik, manajer produksi kelistrikan, ahli perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan, staf perawatan dan perbaikan sistem kelistrikan.

  • Manajer perawatan dan perbaikan.

  • Tenaga pendidik sistem kelistrikan.

  • Konsultan.

  • Technopreneur.

Deskripsi Mata Kuliah Utama

Program Studi Teknik Elektro mencakup beberapa jenis mata kuliah, antara lain:

  • Mata kuliah pengetahuan dasar: Fisika Dasar, Kimia Dasar, Kalkulus, dan Ilmu lingkungan.

  • Mata kuliah dasar Teknik Elektro: Matematika Teknik, Sistem Linear, Dasar Konversi Energi, Dasar Sistem Kontrol, Dasar Sistem Telekomunikasi, Rangkaian Listrik, Rangkaian Elektronika, Pengukuran Besaran Listrik, Algoritma dan Pemrograman, dan mata kuliah dasar lainnya.

  • Mata kuliah peminatan khusus bidang Teknik Elektro: Mesin Listrik dan aplikasinya, Desain dan Analisis Sistem Kelistrikan, Sistem Tenaga Listrik, Teknik Otomasi, Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligent), Robotika, dan mata kuliah peminatan lainnya.

  • Mata kuliah penunjang dunia profesional: Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi, Capstone Design Project, Kerja Praktik, dan Etika Profesi.

Daftar Ketua Program Studi dan Dosen
Ketua Program StudiDr. Eng. Wahyu Kunto Wibowo, S.T., M.Eng.

Dosen1. Dr. Eng. Wahyu Kunto Wibowo, S.T., M.Eng
2. Nur Uddin, S.T, M.Eng, Ph.D.
3. Wahyu Agung Pramudito, Ph.D
4. Aulia Rahma Annisa, M.T
5. Hanny Megawati Rosalinda, S.T, M.T, M.Sc
6. Herminarto Nugroho, S.T., M.Sc
7. Rahmat Septian Wijanarko, M.T
8. Teguh Aryo Nugroho, M.T