Fakultas Teknologi Industri, Universitas Pertamina (FTI UP) memiliki berbagai program studi yang termasuk dalam rumpun ilmu terapan dan mengarah pada pengembangan keilmuan teknik yang sesuai dengan kebutuhan industri, dengan kekhususan pada teknologi dan bisnis energi baru dan terbarukan. Ruang lingkup program studi FTI UP memiliki keilmuan yang mayoritas terkait dengan aspek perancangan produk dan sistem. FTI UP mempunyai 4 program studi yaitu Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik. Program-program studi di FTI UP dirancang berbasis best practices salah satu core business di PT Pertamina (Persero) yaitu Teknologi Pengolahan (Refinery).

Saat ini FTI UP telah mempunyai 23 dosen tetap, 4 orang diantaranya bergelar Doktor, yang merupakan lulusan dari berbagai perguruan tinggi terbaik, di dalam dan luar negeri. Kurikulum FTI UP dirancang dengan 144 SKS dan dapat diselesaikan selama 4 tahun.

Program Studi Teknik Elektro

Program Studi Teknik Elektro UP mempelajari tentang dasar dari sistem kelistrikan yang akan digunakan untuk menunjang teknologi industri. Keunggulan dari prodi Teknik Elektro UP adalah berfokus pada bisnis teknologi energi dan sistem pembelajarannya menggunakan sistem project-based learning. Prodi Teknik Elektro berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang bisa menyelesaikan permasalahan dengan metode tepat guna sesuai dengan bidangnya. Sehingga lulusan dari prodi Teknik Elektro siap berkontribusi untuk perkembangan teknologi industri sesuai dengan kemajuan jaman dan mampu bersaing secara global.

– Program Studi Teknik Mesin

Program Studi Teknik Mesin UP mencakup bidang yang luas terkait dengan perancangan, pembuatan, serta pemeliharaan komponen dan sistem mekanika yang kompleks. Konversi energi merupakan bidang yang diunggulkan pada prodi ini karena memiliki kaitan erat dengan visi UP di bidang teknologi dan bisnis energi. Energi baru dan terbarukan merupakan andalan pada bidang konversi energi yang akan membawa Program Studi Teknik Mesin UP terdepan di tingkat global.

Program Studi Teknik Kimia
Program Studi Teknik Kimia UP merupakan cabang dari Ilmu Teknik (Engineering) yang menerapkan sains alam (Kimia dan Fisika) dan sains kehidupan (Biologi, Mikrobiologi, dan Biokimia) bersama – sama dengan Matematika dan Ekonomi untuk menghasilkan, mentransformasi, serta menggunakan bahan – bahan kimia, material, dan energi untuk menjadi produk dengan nilai ekonomi yang lebih tinggi.
Program Studi Teknik Logistik

Program Studi Teknik Logistik UP mempelajari perancangan dan manajemen untuk memastikan aliran barang, informasi, modal dan uang berada pada tempat dan waktu yang tepat dengan jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan.