Program Studi

Teknik Perminyakan UP memiliki karakteristik yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengeksplorasi dan memproduksi baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan. Lingkup keilmuan teknik perminyakan meliputi aplikasi teknik pemboran, teknik reservoir, teknik produksi, dan teknik evaluasi formasi pada industri migas dan panas bumi.

Tentang Program Studi
Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina menawarkan tiga konsentrasi bidang keilmuan, yaitu:
Teknik Reservoir: mempelajari cara menghitung cadangan migas dari sebuah reservoir, fenomena aliran fluida dalam media berpori, serta optimasi dan prediksi perfoma produksi.
Teknik Produksi: mempelajari metoda-metoda pengangkatan minyak dan gas dari reservoir menuju permukaan serta mendesain skema produksi yang optimum.
Teknik Pengeboran: mempelajari teknik mendesain sumur, operasi pengeboran, serta penyelesaian sumur (well completion).

Keunggulan
Keunggulan Program Studi Teknik Perminyakan Universitas adalah sebagai berikut:
• Memiliki kedekatan dengan industri energi sehingga mahasiswa dapat melakukan Kerja Praktik.
• Melakukan proyek terintegrasi di tingkat akhir yang melibatkan rumpun keilmuan yang beragam dan    melaksanakan pembelajaran yang berbasis problem-based learning dan work-integrated learning.
• Memiliki kurikulum yang disusun berdasarkan standar ABET (Accreditation Board for Engineering and  Technology) dengan pengajar profesional.
• Memiliki fasilitas laboratorium untuk menunjang kegiatan belajar mengajar.
• Mahasiswa dibekali pengetahuan energi baru dan terbarukan

Deskripsi Mata Kuliah Utama
Mata kuliah Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina mencakup sebagai berikut:
Tahun 1: Mahasiswa dibekali dengan dasar sains yang meliputi Matematika, Kimia, Fisika, Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, dan Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi.
Tahun 2: Mahasiswa dibekali dengan dasar keilmuan Teknik Perminyakan yang meliputi Termodinamika, Petrofisika, Fluida Reservoir.
Tahun 3: Mahasiswa dibekali dengan inti keilmuan Teknik Perminyakan yang meliputi Teknik Reservoir, Teknik Produksi, Teknik Pengeboran, dan Kerja Praktik.
Tahun 4: Mahasiswa dapat memilih fokus peminatan, yaitu Teknik Reservoir, Teknik Produksi, Teknik Pengeboran, atau internship. Peminatan internship diberikan kepada mahasiswa terbaik di program studi Teknik Perminyakan Uuniversitas Pertamina.

Proyeksi Lulusan
Lulusan Teknik Perminyakan Universitas Pertamina dapat bekerja di berbagai bidang yang terkait dengan energi, seperti:
• Pemerintahan (Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi).
• Perusahaan minyak dan gas di dalam dan luar negeri.
• Perusahaan kontraktor, pelayanan minyak dan gas serta penyediaan peralatan perminyakan.
• Lembaga konsultan yang menyediakan tenaga ahli: pengeboran, produksi, dan reservoir yang dapat bekerja di  lapangan onshore, offshore, maupun di kantor
• Akademisi.

Daftar Kepala Program Studi dan Dosen
Koordinator Prodi Bastian Andoni, M.Sc

Dosen1. Dr. Astra Agus Pramana DN., S.Si., M.Sc
2. Ajeng Purna Putri Oktaviani, M.T
3. Agus Rudiyono, S.T., M.T.
4. Bastian Andoni, M.Sc
5. Ludovika Jannoke, M.Sc
6. Raka Sudira Wardana, M.T
7. Weny Astuti, M.T