Tentang Program Studi

Program studi Teknik Geologi Universitas Pertamina merupakan salah satu jurusan di Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi di Universitas Pertamina. Sesuai dengan kebutuhan masa kini, program ini memiliki fokus pengajaran dan penelitian di bidang Energi (Minyak dan Gas Bumi, Geothermal, Energi Baru dan Terbarukan, dan Green Technology).

Program Studi Teknik Geologi digawangi oleh para dosen muda, energik,  penuh antusisme yang tinggi, dengan variasi penelitian yang memenuhi kebutuhan saat ini.  Beberapa  fokus penelitian yang sedang dikembangkan di program ini antara lain: Analisa  Petrofisika, Risk and Uncertainty Analysis, POD dan POFD, Exploration and New Venture, dan Green Technology (Carbon Capture and Storage, dan Overburden Characterization).

Dalam praktiknya, program ini didukung oleh program studi lainnya di Universitas Pertamina guna melancarkan penelitian dan pekerjaan-pekerjaan yang bersifat eksternal. Beberapa jurusan yang bekerjasama dengan program studi Teknik Geologi antara lain Program Studi Teknik Geofisika, Teknik Perminyakan, Ilmu Komputer, Teknik Lingkungan, dan program studi lainnya.

Keahlian

Universitas Pertamina juga memiliki dosen-dosen dengan kompetensi dan standar uang tinggi. Selain memiliki passion yang tinggi di dunia pendidikan, para dosen juga memiliki pemahaman gambaran kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh seorang lulusan geologi di dunia agar dapat bersaing di era globalisasi.

Dr. Abang menyelesaikan pendidikan S3 (geology) dan S2 (petroleum geoscience) dari Royal Holloway University of London dengan beasiswa penuh dari Southeast Asia Research Group. Pendidikan S1 dari Teknik Geologi, Institut Teknologi Bandung. Memiliki ketertarikan pada riset berbasis lapangan, sedimentologi, stratigrafi, provenance (evolusi sedimentasi), geologi struktur (rekonstruksi struktur), dan analisa geologi regional. Dalam menjalankan penelitiannya, Abang tentunya akan berkolaborasi dengan dosen-dosen lainnya yang memiliki kompetensi yang berbeda guna menghasilkan ide yang baru dan membuahkan hasil.

Proyeksi Lulusan

Lulusan Teknik Geologi Universitas Pertamina dapat berkontribusi dalam bidang:
• Energi, Minyak, dan Gas Bumi: melakukan tahap awal eksplorasi.
• Pertambangan: melakukan eksplorasi dan eksploitasi mineral, logam, dan non-logam.
• Teknik Lingkungan: memastikan bangunan agar aman, ramah lingkungan, dan berkelanjutan
• Energi Terbarukan (Panas Bumi/Geothermal): melakukan eksplorasi dan eksploitasi energi terbarukan yang ramah lingkungan.
• Mitigasi Bencana: memitigasi (melakukan upaya-upaya pengurangan risiko secara struktural dan non-struktural) bencana alam untuk mengurangi korban bencana.
• Hidrogeologi: mengelola sumber daya air dengan baik untuk kehidupan.

Kegiatan Akademik dan Kemahasiswaan

Fieldtrip

Fieldtrip direncanakan akan dilakukan sebanyak 64 hari dalam 8 semester yang akan dilakukan oleh mahasiswa Teknik Geologi Universitas Pertamina. Adapun untuk fieldtrip mata kuliah geologi dasar sudah dilakukan secara terprogram. Fieldtrip dilakukan pada tengah dan akhir semester di lokasi:

    1. Gunung Putri—Singkapan Basalt
    2. Pertambangan di Daerah Kelapa Nunggal—Singkapan batuan Karbonat

Pada field trip Geologi Fisik, mahasiswa diberikan materi tentang Deskripsi Singkapan, deskripsi batuan, dan pengenalan tentang sikap lapangan.

Dosen Tamu

Pemberian dosen tamu sudah mulai berjalan dengan topik yang berragam. Kegiatan Materi Dosen Tamu akan diberikan oleh geologist berpengalaman dan dilakukan secara rutin oleh program studi.

Dosen tamu perdana yang didapatkan oleh mahasiswa Teknik Geologi Universitas Pertamina adalah pengenalan profesi geologist dan bagaimana seorang geologist mengambil data, yang disampaikan oleh Mr. Dane Burrkett (Olympus International Researcher in Mineralogy).

Fasilitas

Lab Geology

Program Studi Teknik Geologi dilengkapi dengan Lab Geologi Fisik.  Lab ini adalah lab ajar,  pada saat ini melayani 450 mahasiswa yang dari program studi teknik geologi, geofisika, dan perminyakan. Lab digunakan untuk kegiatan praktikum setiap minggu nya. Fasilitas yang dimiliki oleh lab Geologi antaralain: Berbagai Contoh batuan dan Mineral sempurna, Berbagai contoh Fossil, Mikroskop Perbesaran, Mikroskop Polarisasi dan Pantul, Drone, XRD analyzer, palu dan Kompas, dan berbagai alat lainnya.

Lab Geologi dioperasikan oleh staff asisten yang berpengalaman lulusan universitas ternama di Indonesia: Alfa Cinoor Kaban S.T., Yan Bachtiar S.T., Nerissa  Varianti S.T.,  dan Qoyyima Fias Salam  S.T..

Research Focus

Karakterisasi Shale dan Identifikasi Potensi Shale Gas di Indonesia

Eksplorasi shale gas di Indonesia hingga saat ini masih dalam tahap penelitian yang dilaksanakan oleh beberapa Perusahaan, bekerja sama dengan Institusi pendidikan. Universitas Pertamina memiliki fokus riset di Shale Gas dengan topik khusus yaitu mengkarakterisasi Properti shale di Indonesia, dan mempercepat perhitungan cadangan terbukti shale gas di Indonesia. Pada akhir penelitian ini, akan dihasilkan sebuah atlas properti Shale disertai dengan potensi resource dan reserve shale yang ada di Indonesia.

Regional geological study for hydrocarbon exploration

Analisa geologi regional sangat penting dalam tahapan awal ekplorasi hidrokarbon guna memahami hubungan antara sejarah sedimentasi cekungan dan episode tektonik serta struktur di daerah penelitian. Studi ini mengintegrasikan data dari lapangan (onshore) dan lepas pantai (offshore). Studi geologi lapangan meliputi analisa detail sedimentologi, paleontologi, stratigrafi, mineralogi (light and heavy minerals), geokimia, provenance (source to sink analysis), dan geologi struktur. Studi lepas pantai meliputi interpretasi data bawah permukaan (well and seismic). Integrasi data onshore dan offshore dapat memberikan sejarah geologi yang menyeluruh untuk penilaian potensi hidrokarbon (e.g petroleum play) yang belum ditemukan, terutama di daerah frontier tanpa data sumur.

Daftar Kepala Program Studi dan Dosen
Koordinator ProdiEpo Prasetya Kusumah, S.T., M.Sc.

Dosen1. Dr. Abang Mansyursyah Surya Nugraha
2. Epo Prasetya Kusumah, S.T., M.Sc
3. Harya Dwi Nugraha, M.Sc, DIC
4. Lolita Marheni, M.Sc
5. Ratna Widiarti, M.Sc
6. Resti Samyati Jatiningrum, S.T., M.Sc
7. Syahreza Saidina Angkasa, S.T., M.Sc
8. Wahyuningrum Angesti Lestari, S.T, M.Sc