Program Studi Teknik Geofisika

Program Studi Teknik Geofisika mengintegrasikan bidang geologi, fisika, matematika, instrumentasi, dan komputasi guna mempelajari sistem bawah permukaan bumi dalam kaitannya dengan kegiatan eksplorasi dan produksi sumber energi.  Keilmuan dan Teknologi Geofisika juga digunakan dalam kegiatan eksplorasi energi baru dan terbarukan, mitigasi bencana alam, serta penyelesaian masalah keteknikan dan lingkungan. Lulusan Program Studi Teknik Geofisika memiliki keahlian untuk menjawab tantangan energi masa dapan yang lahir dari proses pendidikan yang mengedepankan multi-disciplinary integration serta dukungan dari industri energi nasional dan internasional.

Tentang Program Studi

Teknik Geofisika adalah ilmu yang mempelajari struktur bawah permukaan bumi melalui pengukuran sifat-sifat fisis bumi. Dengan menggunakan instrumen pengukuran, teknologi komputasi yang mutakhir serta integrasi dengan disiplin ilmu kebumian lainnya, sorang ahli Geofisika mampu mendeliniasi sifat fisis bumi dan mendapatkan informasi tentang potensi sumber daya energi di bawah permukaan bumi. Ilmu dan teknologi Geofisika juga dapat diaplikasikan dalam kegiatan mitigasi bencana alam, investigasi sumber daya air, mineral, bahan tambang, serta menyelesaikan masalah keteknikan.

Keunggulan Program Studi Teknik Geofisika

Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina memiliki keunggulan sebagai berikut:

  • Dekat dengan industri energi, lembaga riset, badan pemerintah, serta organisasi keprofesian yang mendukung proses pendidikan dan penelitian.
  • Tugas dan project perkuliahan disusun dan dievaluasi dengan melibatkan para ahli kebumian dari industri dan akademia, serta menggunakan real data dan perangkat sesuai standar industri.
  • Mengedepankan integrasi antar disiplin keilmuan, khususnya Geologi – Reservoir, dalam project-based learning.
  • Laboratorium pendidikan dan penelitian yang dilengkapi dengan peralatan mutakhir sesuai standar industri.
  • Didukung oleh staf pengajar yang berpengalaman.

Deskripsi Mata Kuliah Utama

Mata kuliah Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina mencakup sebagai berikut:

Tahun 1: Mahasiswa akan mempelajari sains dan matematika yang menjadi landasan untuk mempelajari metode-metode geofisika.

Tahun 2: Mahasiswa diperkenalkan kepada dasar-dasar Ilmu Geofisika, komputasi, dan geologi yang akan menjadi fondasi untuk metode-metode geofisika lanjut.

Tahun 3: Mahasiswa akan mempelajari metode-metode geofisika lanjut seperti, Metode Gaya Berat, Magnetik, Geolistrik, Elektromagnetik, dan Seismik beserta aplikasinya dalam Eksplorasi Energi dan Mitigasi Bencana Alam. Mahasiswa akan mendapat kesempatan untuk mengaplikasikan apa yang mereka pelajari di ruangan kelas ke pengukuran sifat fisis bumi tersebut di lapangan.

Tahun 4: Mahasiswa menerapkan dan mengintegrasikan metode-metode Geofisika yang telah dipelajari dalam menyelesaikan sebuah permasalahan real yang telah didesain. Mahasiswa diharuskan untuk berintegrasi dengan disiplin ilmu lainnya dalam menyelesaikan proyek yang diberikan. Pada tahun keempat ini, mahasiswa juga dibekali dengan kemampuan presentasi serta persiapan memasuki dunia kerja.

Proyeksi Lulusan

Lulusan Program Studi Teknik Geofisika Universitas Pertamina dapat menjadi ahli Geofisika dalam bidang:

          • Bidang Eksplorasi & Produksi Minyak, dan Gas Bumi

          • Bidang Geothermal (Panas Bumi)

          • Bidang Pertambangan

          • Bidang Hidrologi

          • Bidang Geoteknik & Mitigasi Bencana Alam

          • Bidang Pendidikan & Penelitian Kebumian

          • Bidang Komputasi dan Instrumentasi

          • Bidang Pengembangan Wilayah & Lingkungan

Kegiatan Program Studi Teknik Geofisika

          • Seminar “Application of Electromagnetics Methods in Natural Hazard Investigation” bersama Prof. Katsumi Hattori dari Department of Earth Sciences, Division of Geosystem and Biosystem Sciences, Chiba University

          • Seminar keprofesian Geofisika “The 21st Century Geophysicist” bersama Himpunan Ahli Geofisika Indonesia (HAGI)

          • Kunjungan ke Kapal Seismik ‘MV Elsa Regent’ sekaligus peresmian proyek akuisisi data seismik 2D (PT. Pertamina Hulu Energi) PHE Abar dan PHE Anggursi

          • Field Trip Seismik Refraksi di Kawasan Jayagiri, Cikole – Lembang, Bandung Barat

          • Pelatihan Global Navigation Satellite System dan dasar surveying

          • Pelatihan pengukuran Vp, Vs, dan Elastics Parameters batuan dari core – plug dengan menggunakan OYO Sonic Viewer bersama Bapak Dr. Bagus Endar dari Institut Teknologi Bandung (ITB)

          • Kunjungan ke Indonesia Tsunamy Early Warning System (INA –TEWS) Badan Meteorologi dan Klimatologi Indonesia
Daftar Kepala Program Studi dan Dosen
Koordinator ProdiMuhammad Husni M Lubis,S.T., MS

Dosen1. Prof. Dr. Rer. Nat. Awali Priyono
2. Sandy K. Suhardja, Ph.D
2. Dicky Ahmad Zaky, M.T
3. Iktri Madrinovella, M.Si
4. Muhammad Husni M Lubis,S.T., MS
5. R. Arya Singal Bagoes Oka, M.Si
6. Sari Widyanti, M.En
7. Waskito Pranowo, M.T