Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi UP merupakan fakultas yang memiliki fokus dalam bidang eksplorasi dan produksi sumber daya energi dan mineral, geoteknik, serta mitigasi bencana alam. Fakultas ini memiliki tiga program studi, yaitu Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Perminyakan. Fakultas Teknologi Ekplorasi dan Produksi UP menekankan pentingnya integrasi antara ketiga program-program studinya guna menjawab tantangan energi masa depan di Indonesia dengan semangat team-work.

Program Studi Teknik Geofisika

Program Studi Teknik Geofisika mengintegrasikan bidang geologi, fisika, matematika, instrumentasi, dan komputasi guna mempelajari sistem bawah permukaan bumi dalam kaitannya dengan kegiatan eksplorasi dan produksi sumber energi, termasuk energi baru dan terbarukan, mitigasi bencana alam, dan lingkungan. Pendekatan problem-based learning dan multi-disciplinary integration yang didukung penuh oleh industri migas nasional, memberikan lulusan program studi ini kompetensi dan keahlian untuk menjawab tantangan energi di masa depan.

Program Studi Teknik Geologi

Program Studi Teknik Geologi UP mempelajari bumi, berikut komposisinya, struktur, sifat fisika dan kimia, dan proses pembetukannya. Aplikasi dari ilmu ini sangat berperan penting dalam pencarian (eksplorasi) maupun produksi sumber daya alam logam, non-logam, dan juga energi baru dan terbarukan (renewable). Program Studi Teknik Geologi UP memiliki keunggulan yaitu dengan adanya dukungan dari perusahaan energi dan tambang nasional.

Program Studi Teknik Perminyakan

Program Studi Teknik Perminyakan UP memiliki karakteristik yaitu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk mengeksplorasi dan memproduksi baik energi fosil maupun energi baru dan terbarukan. Lingkup keilmuan teknik perminyakan meliputi aplikasi teknik pemboran, teknik reservoir, teknik produksi, dan teknik evaluasi formasi pada industri migas dan panas bumi.