Program Studi
Kimia UP menitikberatkan pada pendidikan dan penelitian energi masa depan yang meliputi sintesis dan rekayasa material baru baik secara teori maupun eksperimen. Program Studi Kimia membekali mahasiswa dengan pemahaman ilmu kimia yang kuat dengan kesempatan untuk melakukan magang dan penelitian pada perusahaan di sektor energi maupun laboratorium penelitian di UP.

Tentang Program Studi
Program Studi Kimia Universitas Pertamina bertumpu pada penemuan, sintesis, dan rekayasa material baru yang bermanfaat dalam pengoptimalan energi konvensional maupun pengembangan energi baru terbarukan, seperti sel surya, katalis, surfaktan, inhibitor korosi, nanomaterial, rekayasa protein, dan biodiesel. Program Studi Kimia memiliki tiga kelompok keahlian, yaitu:
• Kimia Fisik dan Material
• Kimia Organik
• Biokimia

Keunggulan
Program Studi Kimia Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:
• Memiliki hubungan erat dengan industri energi nasional, sehingga mahasiswa dapat melakukan kerja praktik pada industri energi nasional terutama yang berafiliasi dengan PT. Pertamina (Persero).
• Program pendidikannya menitikberatkan pada pemahaman lima kajian pokok ilmu kimia (kimia fisika, kimia organik, kimia anorganik, kimia analitik, dan biokimia).
• Kurikulum didesain untuk memberikan keterampilan di industri, khususnya bidang energi.
• Mendorong mahasiswa yang memiliki kemampuan akademik di atas rata-rata untuk memperoleh kesempatan mengerjakan penelitian dan memecahkan masalah pada industri, khususnya energi nasional sebagai bagian dari mata kuliah tugas akhir.

Deskripsi Mata Kuliah Utama
Mata Kuliah Utama Program Studi Kimia Universitas Pertamina:
• Tahun 1: mahasiswa mempelajari materi ilmu pengetahuan alam dasar dan beberapa mata kuliah umum meliputi: Kimia Dasar, Fisika Dasar, Kalkulus, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pengantar Statistik, Berpikir Kritis, Berpikir Solusi Kreatif, dan Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi.
• Tahun 2: mahasiswa mempelajari sebagian materi-materi Kimia Dasar meliputi Kimia Analitik, Kimia Fisik, Kimia Anorganik, dan Biokimia.
• Tahun 3: mahasiswa mempelajari sebagian materi-materi Kimia Dasar dan Kimia Lanjutan meliputi Instrumentasi, Elusidasi Struktur, Kimia Material, Polimer, Katalis, Pengembangan Energi Baru, dan Kerja Praktik.
• Tahun 4: mahasiswa mempelajari materi kimia lanjutan dan materi khusus kelompok keahlian meliputi Technopreneurship, Nanomaterial, Kimia Masyarakat, Mata Kuliah Wajib Kelompok Keahlian, dan Tugas Akhir. Untuk mahasiswa terpilih dapat melakukan Tugas Akhir pada industri migas nasional.

Proyeksi Lulusan
Lulusan Program Studi Kimia Universitas Pertamina dengan memiliki bekal pengalaman magang, wawasan, dan keterampilan di industri, khususnya bidang energi. Lulusan Program Studi Kimia diharapkan siap bekerja di industri energi nasional maupun internasional. Di samping itu, dengan berbekal pemahaman akan dasar-dasar ilmu kimia, lulusan Program Studi Kimia Universitas Pertamina mampu bekerja di industri kimia lainnya seperti industri petrokimia, farmasi, tekstil, pangan, dan sebagainya maupun berinovasi menjadi seorang technopreneur.

Daftar kepala Program Studi dan Dosen
Pejabat Kaprodi Dr.Eng. Paramita Jaya Ratri, M.Si

Dosen1. Prof. Akhmaloka, Ph.D
2. Dr. Eng. Haryo Satriya Oktaviano, S.Si., M.Eng
3. Dr. Hery Jon, M.Sc
4. Dr. Suharti, S.Pd., M.Si
5. Khabib Khumaini, M.Si
6. Meri Ayurini, M.Sc
7. Dr.Eng. Paramita Jaya Ratri, M.Si
8. Raissa, M.Si
9. Tegar Nurwahyu Wijaya, M.Si