Fakultas Sains dan Komputer menitikberatkan pada riset-riset sains dasar dan terapan untuk pengembangan energi masa depan. Kajian di Fakultas Sains dan Komputer meliputi pengembangan material, pengolahan produk migas, komputasi, dan sistem informasi yang mendukung bisnis dan teknologi energi. Untuk mendukung hal tersebut, Fakultas Sains dan Komputer memiliki dua program studi:

Program Studi Kimia

Program Studi Kimia UP menitikberatkan pada pendidikan dan penelitian energi masa depan yang meliputi sintesis dan rekayasa material baru baik secara teori maupun eksperimen. Program Studi Kimia membekali mahasiswa dengan pemahaman ilmu kimia yang kuat dengan kesempatan untuk melakukan magang dan penelitian pada perusahaan di sektor energi maupun laboratorium penelitian di UP.

Program Studi Ilmu Komputer

Program Studi Ilmu Komputer UP menawarkan lulusan yang kompeten di bidang teknologi informasi dan ilmu komputasi. Selain bidang teknologi informasi yang telah dikenal khalayak ramai, bidang ilmu komputasi muncul dalam bidang kajian Ilmu Komputer UP sebagai jembatan antara sains eksperimen, teori, dan terapan.