Program Studi
Teknik Lingkungan UP mempelajari tentang kondisi lingkungan dan rekayasa pengendalian perencanaan lingkungan dengan kekhususan pada teknologi pengembangan energi berbasis ramah lingkungan. Pembekalan akademik dilakukan melalui proses pembelajaran yang dilengkapi dengan praktik di laboratorium maupun lapangan berbasis student centered learning dan work-integrated learning.

Tentang Program Studi
Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina mempelajari tentang rekayasa pengendalian dan pengelolaan lingkungan berbasis kegiatan industri, khususnya industri pengembangan energi. Pembekalan akademik dilakukan melalui proses pembelajaran yang dilengkapi dengan praktik di laboratorium maupun lapangan berbasis student-centered learning dan project-integrated learning yang mengintegrasikan pembelajaran akademik di kelas dengan keterlibatan mahasiswa pada dunia nyata melalui kerja praktik/magang.

Keunggulan
Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina memiliki sejumlah keunggulan, antara lain:
• Kurikulum didesain dengan memberikan ciri khusus teknik lingkungan dalam bidang rekayasa pengendalian dan pengelolaan lingkungan berbasis kegiatan industri energi yang mengacu kepada ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology).
• Memiliki bekal kemampuan dan pengetahuan khusus mengenai Energi dan Lingkungan serta Pengantar Teknologi dan Bisnis Energi sebagai dasar pengenalan pembentukan berbagai macam sumber energi, pengembangan energi mulai dari ekplorasi, eksploitasi hingga bisnis energi dan energi berbasis lingkungan.
Kedekatan dengan PERTAMINA yang menyediakan fasilitas untuk digunakan oleh mahasiswa dalam mengeksplorasi kegiatan pembelajaran maupun untuk kepentingan riset.

Deskripsi Mata Kuliah Utama
Mata Kuliah Utama Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina yang termasuk ke dalam sistem kurikulum adalah sebagai berikut:
• Pengolahan Limbah Cair: Analisis Kebutuhan Sistem & Interpretasi Data Untuk Perhitungan Dan Perancangan Sistem Pengolahan Limbah Cair.
• Pengolahan Limbah Padat: memahami & menggunakan karakteristik limbah padat dalam evaluasi pemilihan alternatif pengolahannya secara komprehensif, dipandang dari berbagai aspek.
• Pengendalian Kualitas Udara: aplikasi teknologi dalam pengendalian pencemaran udara.
• Bioteknologi & Teknik Remediasi: aspek Bioteknologi untuk Teknik Remediasi.
• Waste to Energy: pemanfaatan limbah untuk energi.
• Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL): bagaimana memahami metodologi dokumen AMDAL.
• Kesehatan dan Lingkungan Kerja: identifikasi & analisis aspek-aspek dalam lingkungan kerja yang berpotensi memberikan efek-efek berbahaya terhadap kesehatan.
• Cleaner Production: penerapan prinsip-prinsip teknologi bersih di industri.

Proyeksi Lulusan
Lulusan Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina memiliki cakupan pekerjaan yang luas, antara lain:
• Instansi Pemerintah: Kementrian Pekerjaan Umum, Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementrian Bappeda, dll.
• Industri: Konstruksi, Energi, Manufaktur, Ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3), Ahli Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL), Research & Development,HSE engineer, Ahli dalam bidang limbah padat, cair atau udara, Ahli Lingkungan Umum.
• Badan Riset dan Universitas: Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Peneliti, Dosen, Tenaha Ahli Lingkungan.
• United Nations Organizations, International Organization Donor, dan Non-Government organizations: UNEP, WWF, Greenpeace, dll.

Daftar Kepala program Studi dan Dosen
Pejabat KaprodiDr.Eng. Ari Rahman, S.T., M.Eng.

Dosen1. Prof. Ir. Suprihanto, Ph.D
2. Dr. Ari Rahman, S.T., M.Eng
3. Rizal Taufiq Fauzi, S.T., M.Sc
4. Bob Adyari, S.Si., M.I.L
5. Betanti Ridhosari, S.T., M.T
6. Nadia Fitria, S.T., M.T
7. Nurulbaiti Listyendah Zahra, S.T., M.T