Visi, Misi, dan Tujuan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Visi

Menjadi Fakultas Komunikasi dan Diplomasi yang berperan aktif dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Menunjang industri di bidang energi yang berkelas dunia dan berwawasan global.

Misi

  1. Menyelenggarakan sistem pendidikan berwawasan global yang mendorong pembelajaran yang berkolaborasi kuat dengan industri dan masyarakat dan pembelajaran yang aktif dan mandiri.
  2. Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan komunikasi dan hubungan internasional yang menunjang industri di bidang energi secara aktif dalam kegiatan penelitian yang memberi manfaat bagi kemajuan bangsa.
  3. Manerapkan pengetahuan di bidang ilmu komunikasi dan hubungan internasional yang memberi nilai tambah kepada masyarakat, pemerintah, dan industri.

Tujuan

  1. Menciptakan atmosfer akademik yang menyenangkan dan menumbuhkan semangat perbaikan terhadap komunitas dan bangsa.
  2. Menghasilkan karya penelitian dan produk yang inovatif dan bermanfaat di bidang ilmu komunikasi dan hubungan internasional melalui berbagai kegiatan pengabdian yang bermanfaat dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.
  3. Menghasilkan lulusan sarjana yang andal, mandiri, berintegritas dan berjiwa pemimpin untuk berperan serta bagi kemajuan bangsa.
  4. Tercapainya kepercayaan dari seluruh pemangku kepentinganinternal dan eksternal Fakultas Komunikasi dan DIplomasi Unibersitas Pertamina yang dapat menajdi partner strategis bagi kemajuanindustri nasional dan partner pertukaran antar bangsa yang kredibel dan berdedikasi.

Dekan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi

Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono, M.Eng

Fakultas Komunikasi dan Diplomasi UP terdiri dari dua program studi (prodi) yaitu: Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi UP fokus pada bidang komunikasi bisnis energi. Fakultas ini tidak hanya menekankan pada kemampuan learning skill mahasiswa, tetapi juga pada pembangunan karakter melalui workshop dan perkuliahan yang berdasarkan pemenuhan core competency di bidang bisnis energi, pengayaan kemampuan memimpin (leadership skill), dan pemberian pengetahuan cara berpikir (thinking skill) melalui mata kuliah

Program Studi Ilmu Komunikasi lahir seiring dengan berdirinya Universitas Pertamina pada 11 Februari 2016. Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan wujud komitmen Universitas Pertamina untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks di sektor industri energi dan sosial. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina dirancang untuk menghasilkan tenaga profesional, baik sebagai praktisi atau akademisi yang dapat memberikan solusi terhadap persoalan industri dan sosial. Dukungan fasilitas dan kedekatan dengan industri energi membuat Program Studi ini memiliki ciri khas yaitu desain kurikulum dan proses pembelajaran yang sangat dekat dengan kasus-kasus yang terjadi di industri energi terutama dalam manajemen risiko.

Program Studi Hubungan Internasional (HI) merupakan ilmu interdisiplin yang mempelajari tentang hubungan antar aktor internasional dari segala aspek yang menitiberatkan pada politik dan diplomasi antar bangsa atau ekonomi politik internasional. Keberadaan ilmu HI bagi masyarakat Indonesia menjadi sangat penting mengingat di era keterbukaan seperti sekarang, berbagai perkembangan yang terjadi di level lokal hingga internasional memiliki pengaruh yang luas terhadap berbagai lapisan masyarakat dunia. Kecermatan dan kepekaan analisis strategis yang diperlukan dalam memajukan dan memperjuangkan posisi serta kepentingan Indonesia di panggung politik internasional, menjadi salah satu materi inti dan keunggulan pembelajaran di Program Studi HI Universitas Pertamina.