Program Studi
Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi yang menggunakan berbagai media sebagai sarana komunikasi serta mempelajari cara-cara transfer ide dari satu pihak ke pihak lainnya. Proses transfer tersebut dapat melalui media tulis, lisan, maupun media lainnya. Keunggulan Program Studi Ilmu Komunikasi UP adalah adanya penambahan keahlian khusus yaitu komunikasi strategis, communication for energy sector, crisis and risk communication serta public relation, journalism, marketing communication, media studies, contentpreneurship yang dekat dengan bisnis energi.

Tentang Program Studi
Program Studi Ilmu Komunikasi lahir seiring dengan berdirinya Universitas Pertamina pada 11 Februari 2016. Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan wujud komitmen Universitas Pertamina untuk menjawab tantangan yang semakin kompleks di sektor industri energi dan sosial. Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina dirancang untuk menghasilkan tenaga profesional, baik sebagai praktisi atau akademisi yang dapat memberikan solusi terhadap persoalan industri dan sosial. Dukungan fasilitas dan kedekatan dengan industri energi membuat Program Studi ini memiliki ciri khas yaitu desain kurikulum dan proses pembelajaran yang sangat dekat dengan kasus-kasus yang terjadi di industri energi terutama dalam manajemen risiko.

Keunggulan
Program Studi Ilmu Komunikasi memiliki sejumlah keunggulan antara lain:
• Kurikulum Program Studi Ilmu Komunikasi disesuaikan dengan standar internasional.
• Materi Berpikir Kritis dan Berpikir Solusi Kreatif menjadi core kurikulum dimana mahasiswa sedari awal diarahkan untuk menjadi active learner.
• Mahasiswa mendapatkan pengetahuan mengenai dunia kerja melalui praktisi dari sektor industri; dimana mahasiswa mendapatkan kesempatan pengarahan langsung dari praktisi industri energi mengenai teknologi terkait.
• Mahasiswa tidak hanya menerima materi di dalam kelas, namun juga diberikan wawasan luas dengan terjun langsung melalui kerja praktik di sektor industri, khususnya industri energi.
• Mahasiswa mendapatkan fasilitas Riset Komunikasi sebagai wadah pengembangan kompetensi mahasiswa.
• Memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat lulus dalam waktu 3.5 tahun.

Deskripsi Mata Kuliah Utama
Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pertamina memiliki beberapa jenis mata kuliah yaitu;
• Mata Kuliah Dasar Ilmu Komunikasi: antara lain Pengantar Ilmu Komunikasi, Teori-Teori Komunikasi, Filsafat Ilmu Sosial, Pengantar Ilmu Ekonomi, Pengantar Manajemen, Pengantar Antropologi, Pengantar Sosiologi, dan Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
• Mata Kuliah Keterkaitan Dasar-Dasar Komunikasi dan Penggunaannya: Komunikasi Antarpribadi – Kelompok – Massa – Organisasi – Antarbudaya – Politik, Psikologi Komunikasi, Dasar-Dasar Public Relations, Dasar-Dasar Jurnalistik, Literasi Digital dan Media, Komunikasi Visual, Public Relations, Manajemen Media, Statistika Sosial, Metode Penelitian Sosial, Produksi Konten Multimedia, Komunikasi Pemasaran, Perilaku Konsumen, Manajemen Pemasaran Sosial, Hukum dan Etika Hukum, Komunikasi Energi, Komunikasi Risiko dan Lingkungan, Sosiologi Komunika, Public Speaking, Relasi Kuasa dan Globalisasi, dan Isu-Isu Komunikasi Kontemporer.
• Mata Kuliah Peminatan Komunikasi Strategis dan Manajemen Media: Penulisaan Public Relations, Produksi iklan, Manajemen Kegiatan, Penulisan dan Reportase Jurnalisme, Pasar dan Bisnis Media, Media Digital dan Budaya.
• Proyek Multidisiplin dan Tugas Akhir.

Proyeksi Lulusan
Lulusan sarjana ilmu komunikasi mampu memberikan alternatif solusi permasalahan komunikasi dalam isu-isu global terutama di sektor industri dengan berlandaskan etika profesi komunikasi. Beberapa bidang profesi yang dapat dikerjakan oleh lulusan sarjana ilmu komunikasi adalah:
• Advertising
• Marketing
• Public Relations
• Manajemen media: contentpreneurship, produser, penulis naskah, presenter, penyiar radio, wartawan/jurnalis.

Daftar Kepala Program Studi dan Dosen
Pejabat ProdiDr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc.

1. Atiqa Khaneef Harahap, S.Ikom, M.Si
2. Fitria Andayani, S.Ikom, M.A
3. Dr. Farah Mulyasari, S.T., M.Sc
4. Ita Musfirowati Hanika, S.A.P, M.I.Kom
5. Melisa Indriana Putri, S.Ikom, M.I.Kom
6. Muhammad Nur Ahadi, M.I.Kom