Fakultas Ilmu Komunikasi dan Diplomasi UP terdiri dari dua program studi (prodi) yaitu: Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional. Fakultas Komunikasi dan Diplomasi UP fokus pada bidang komunikasi bisnis energi. Fakultas ini tidak hanya menekankan pada kemampuan learning skill mahasiswa, tetapi juga pada pembangunan karakter melalui workshop dan perkuliahan yang berdasarkan pemenuhan core competency di bidang bisnis energi, pengayaan kemampuan memimpin (leadership skill), dan pemberian pengetahuan cara berpikir (thinking skill) melalui mata kuliah wajib seperti critical thinking dan creative problem solving.

Program Studi Ilmu Komunikasi
Program Studi Ilmu Komunikasi merupakan ilmu yang mempelajari tentang tata cara berkomunikasi yang menggunakan berbagai media sebagai sarana komunikasi serta mempelajari cara-cara transfer ide dari satu pihak ke pihak lainnya. Proses transfer tersebut dapat melalui media tulis, lisan, maupun media lainnya. Keunggulan Program Studi Ilmu Komunikasi UP adalah adanya penambahan keahlian khusus yaitu komunikasi strategis, communication for energy sector, crisis and risk communication serta public relation, journalism, marketing communication, media studies, contentpreneurship yang dekat dengan bisnis energi.

Program Studi Hubungan Internasional

Program Studi Hubungan Internasional UP berfokus pada Diplomasi dan Keamanan Energi. Diplomasi energi pada program studi ini menitikberatkan pada hubungan antar aktor HI dalam dinamika tata kelola global. Sedangkan keamanan energi difokuskan pada pemenuhan ketahanan dan keamanan energi sebuah negara serta pola interaksinya di tatanan politik global. Kedua kajian tersebut menjadikan program ini sebagai satu-satunya studi HI yang berfokus di bidang energi di Indonesia.

Click here to add your own text