“Dodol Land” Produk Lokal Desa Binaan Universitas Pertamina

Jakarta – Dalam rangka mewujudkan salah satu pilar Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian masyarakat, Universitas pertamina mengadakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-UP) di kampong Cipare, Desa Tenjo, Bogor, Jawa Barat. Ada 5 (lima) bidang yang menjadi fokus pengabdian kepada masyarakat Kampung Cipare, Desa Tenjo yaitu bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, sosial, dan ekonomi. Salah satu perwujudan dari Program Pengabdian Kepada Masyarakat di Kampung Cipare ini adalah Pengembangan Usaha Olahan makanan Dodol Tenjo “Dodol Land” : Bentuk Pemberdayaan Wanita Kampung Cipare, Desa Tenjo sebagai Alternaif Sumber Penghasilan.

Program PKM ini diusulkan oleh Tim PKM bidang ekonomi yang diketuai oleh Diah Kemala Mutmainah (Kimia T.A. 2017) bersama keempat anggotanya yaitu Handy Agung (Teknik Elektro T.A. 2017), Putri Rafika (Kimia T.A 2017), M. Rizky (Teknik Geologi T.A 2017), dan Anggun Kirana (Kimia T.A. 2016) dengan Dosen Pembimbing Khabib Khumiani (Dosen Kimia) dan Nursechafia (Dosen Ilmu Ekonomi). Salah satu rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh Tim PKM ini adalah Pelatihan Usaha dengan mendatangkan Pembicara dari bidang bisnis yaitu Rizky Wijayanti, SH yang merupakan CEO Founder Saudagar Nusantara. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 24 November 2018 di Kampung Cipare, Desa Tenjo yang diikuti oleh 32 ibu-ibu warga Kampung Cipare.

Dodol Tenjo merupakan produk olahan warisan leluhur masyarakat Kampung Cipare,  resep rahasia terus diturun selama berpuluh-puluh tahun. Namun persoalannya banyak pengolah dodol yang didominasi oleh orang tua, keterbatasan modal dan pengemasan produk yang masih sederhana. “Kaum pengolahan dodol yang didominasi orang tua harus menularkan  Ilmunya mengolah dodol secara estafet kepada anak anaka muda kampung Cipare penerus dan penjaga produk kuliner warisan Tenjo” ungkap Rizky Wijayanti, SH.

Melalui Program Pengabdian Masyarakat  warga dilatih bagaimana cara mengembangkan usaha mereka, manajemen keuangan, branding kemasan, dan pemasaran. Kegiatan Pelatihan Usaha dilanjutkan dengan proses pengolahan dan produksi Dodol Tenjo di rumah Lilis selaku Koordinator Usaha Dodol Tenjo yang merupakan Produk Binaan Universitas Pertamina.