Dies Natalis Ke-4 Universitas Pertamina Usung Realisasi SDM unggul, Indonesia Maju

Jakarta-Universitas Pertamina didirikan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 60/KPT/I/2016 yang diterbitkan pada 1 Februari 2016 tentang izin pendirikan Universitas Pertamina. Sementara, peresmian universitas dilakukan pada 11 Februari 2016 oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidkan Tinggi dan Direktur Utama PT. Pertamina (Persero), yang didukung oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara dan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral. Pengelolaan Universitas Pertamina sendiri dilakukan oleh Yayasan Pertamina atau Pertamina Foundation.

Pada 4 Februari 2020, Universitas Pertamina memperingati Dies Natalis ke-4 di Gedung Wanita Patra Pertamina. Tahun ini, Universitas Pertamina mengusung tema “SDM Unggul, Indonesia Maju”. Rangkaian acara Dies Natalis Universitas Pertamina diawali dengan sidang terbuka. Pembukaan sidang dilakukan oleh Prof. Akhmaloka Ph.D. selaku Rektor Universitas Pertamina.

Sambutan Dies Natalis ke-4 Universitas Pertamina dari Prof. Akhmaloka Ph.D., Rektor Universitas Pertamina,

“Tentu, hal ini menjadi pekerjaan rumah besar bagi pemerintah dan institusi pendidikan untuk meningkatkan jumlah SDM yang memiliki keterampilan di tengah derasnya harapan untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju dengan potensi bonus demografi dan anugerah sumber daya alam,” ujar Prof. Akhmaloka dalam pidatonya.

Prof. Akmaloka menyampaikan bonus demografi tak akan datang dengan sendirinya. Prof. Akhmaloka menekankan SDM unggul perlu direncanakan dan dikembangkan mulai saat ini.  Indonesia  membutuhkan sumber daya manusia (SDM) terampil dengan kompetensi di bidang engineering dan natural science.

Acara berikutnya dilanjutkan dengan sambutan oleh Torang M. Napitupulu, SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero) dan orasi ilmiah  oleh Dr. Ir. H. Suharso Monoarfa selaku Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional. Pada orasinya, Dr Suharso menyampaikan topik mengenai arah kebijakan dan strategi meningkatkan Sumber Daya Manusia berkualitas dan berdaya saing dalam rangka merealisasikan SDM unggul, Indonesia Maju.

Orasi Dies Natalis ke-4 Universitas Pertamina dari Dr. Ir. H. Suharso Monoarfa, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia

Menteri Suharso juga menyampaikan di dunia sekarang ini telah terjadi perubahan yang luar biasa terhadap bisnis model, terhadap production system, juga akibatnya terhadap tenaga kerja. “Diperlukan up-skilling dan e-skilling, di sinilah peran universitas menjadi penting. Produktivitas tenaga kerja kita masih perlu ditingkatkan karena tingkat pertumbuhannya masih tertinggal dibandingkan Singapura dan Malaysia,” jelas Menteri Suharso.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Pertamina yang membawakan lagu Indonesia Jaya. Dalam rangkaian Dies Natalis ke-4 Universitas Pertamina berlangsung juga Penandatanganan MoU dengan Yayasan Medco, PT. Indra Karya, The Purnomo Yusgiantoro Center, PT Pelni, dan GPEI Jateng. Serta Perjanjian Kerjasama dengan Bazma, PT Perikanan, dan PT Yodya Karya.

Penghujung acara diakhiri dengan penampilan kolaborasi memukau antara UKM Kesenian Daerah, UKM Paduan Suara, dan UKM Orchestra. Serta pemberian anugerah penghargaan kepada 23 mahasiswa Universitas Pertamina-Study Abroad (UP-SA), 6 mahasiswa berprestasi, 6 dosen terbaik, dan 3 tenaga kependidikan terbaik yang diiringi instrumental Orchestra Universitas Pertamina.

*Uha

Contact Appointment