Ciptakan Prototype Glasseye COVID-19 Data Management, Mahasiswa Universitas Pertamina Raih Juara 2 Ajang Satria Data 2020 Kemendikbud

Jakarta—Mahasiswa Universitas Pertamina kembali mengharumkan nama Universitas dengan prestasi. Kali ini datang dari tim yang beranggotakan Agung Muhammad Rizki dari Prodi Ilmu Komputer 2018, Erwin Fernanda dan Farah Zhafirah Nasution dari  Prodi Teknik Geofisika 2017 berhasil meraih Juara Ke-2 kompetisi SATRIA DATA 2020 kategori SEC pada 17 Oktober 2020.

Statistika dan Festival Sains Data (SATRIA DATA) 2020 merupakan perlombaan Statistika dan Festival Sains Data  yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbur) dan Pusat Prestasi Nasional. Kompetisi ini terdapat 4 kategori lomba. Salah satunya, kategori Statistic Essay Competition (SEC) yang diikuti oleh tim dari Universitas Pertamina.

Tim dari Universitas Pertamina mengusung judul karya “Prototype Glasseye CDM (COVID-19 Data Management) Menggunakan Sistem Artificial Intelligence Statistics Berbasis Python dan Sensoric : Sebagai Alat Pelacak Data dan Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19 di Indonesia”. Prototype dikemas dalam bentuk kaca mata berteknologi tinggi dan modern yang mampu menyimpan database yang ditangkap melalui sensor. Sehingga tidak ada interaksi jarak dekat antar-individu. Selain itu, prototype ini bisa diimplementasikan dengan sistem yang sudah dirancang sebelumnya. Prototype ini diharapkan dapat mengurangi angka pertumbuhan COVID-19 di Indonesia.

Atas ide tersebut, tim berhasil meraih Juara Kedua. Juara Pertama sendiri diraih oleh Universitas Gajah Mada dan Juara Ketiga sendiri diraih oleh Institut Pertanian Bogor.

“Awalnya agak pesimis karena yang ikut adalah PTN terkenal. Peserta bahkan berasal dari ratusan perguruan tinggi di Indonesia. Alhamdulillah do’a kami terjawab ketika masuk top 10 tim finalis SEC. 10 finalis itu terdiri dari 3 tim ITS , 2 tim IPB , 2 tim UGM , 2 tim STIS dan 1 tim UP. Dan tambah terharu lagi Ketika dinyatakan sebagai Juara Kedua” tutur Agung selaku ketua tim.

Tim juga menyampaikan bahwa semoga prestasi ini dapat mendambah motivasi teman mahasiswa lainnya untuk berprestasi meski terhalang pandemi COVID-19.

 

//Uha

Contact Appointment