CAREER DEVELOPMENT CENTER UNIVERSITAS PERTAMINA  (CAREER-UP) 

   Keberadaan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul di era globalisasi ini merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting untuk dipenuhi. Universitas Pertamina sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi, memiliki peran dalam menjawab kebutuhan SDM yang kompeten dan berkualitas terutama di bidang energi. Oleh karenanya untuk memfasilitasi keterikatan antara Universitas Pertamina dengan dunia usaha dan industri merupakan bagian penting yang tidak dapat dipisahkan dalam rangka penyiapan lulusan yang unggul.

   Saat ini penyerapan tenaga kerja berpendidikan tinggi masih belum maksimal lantaran mengalami berbagai kendala yang diantaranya adalah calon pekerja dengan kemampuan di bawah kualifikasi maupun ketidaksesuaian (mismatch) pekerjaan. Saat ini tidak hanya kemampuan hard-skills yang dibutuhkan oleh dunia kerja tetapi juga soft-skills. Faktor yang memberikan keberhasilan dalam dunia kerja antara lain adalah adalah soft-skills (40%), networking (30%), hard-skills (20%), dan financial (10%) (Dekdiknas, 2007).

   Dengan berkaca dari permasalahan tersebut Universitas Pertamina dimulai pada tahun 2019 telah membentuk Career Development Center (Career-UP) sebagai wadah pengembangan SDM yang bertujuan menyiapkan tenaga kerja yang berkualitas dan berdaya saing, juga sebagai fasilitator utama bagi para lulusan dalam mencari kerja di perusahaan/lembaga/industri. Career-UP memiliki visi “Sebagai pusat pengembangan karir yang memfasilitasi mahasiswa dan lulusan supaya memiliki daya saing yang unggul pada bidang pekerjaan dan bisnis baik pada skala nasional maupun global”. Untuk melaksanakan visi tersebut, maka misi dari Career-UP antara lain;  (1) Menyelenggarakan kegiatan kerjasama antara universitas dengan dunia usaha untuk meningkatkan peluang karir dan kewirausahaan, (2) Menyiapkan kompetensi dan daya saing mahasiswa di dunia kerja terutama yang terkait dengan pengembangan SDM terutama pada softskill, (3) Mengembangkan kewirausahaan mahasiswa untuk mendukung penciptaan lapangan kerja baru, (4) Mendorong peran alumni dalam pengembangan berkelanjutan pada peningkatan kualitas lulusan, (5) Menyelenggarakan pengumpulan dan pengolahan data lulusan sebagai dasar evaluasi pengembangan kualitas lulusan. Career-UP berdiri di bawah Direktorat Kemahasiswaan dan mempunyai dua stakeholder utama yaitu lulusan/mahasiswa tingkat akhir dan perusahaan/lembaga/industri.

   Beberapa kegiatan utama yang dilakukan oleh Career-UP antara lain penyiapan lulusan, rekrutmen dan Career Day, pengembangan jejaring profesional dan industri, serta Tracer Study. Berikut ini adalah gambaran singkat dari setiap kegiatan:

 

  • Penyiapan Lulusan

Program ini bertujuan untuk mengembangkan potensi diri lulusan agar lebih siap memasuki dunia kerja sebagai tenaga yang unggul dan berkompeten. Seminar dan pelatihan pengembangan karir diberikan secara rutin oleh akademisi dan praktisi dunia industri energi dan non-energi agar lulusan bisa mendapatkan gambaran tentang persiapan kerja yang harus dilakukan dan pengembangan skill terutama soft-skill yang diperlukan. Peran alumni yang sudah berpengalaman akan menjadi bagian penting untuk pengembangan karir calon lulusan melalui sharing pengalaman dunia usaha dan industri kepada almamaternya. Selain dari penyiapan pencari kerja, Career-UP akan memfasilitasi juga untuk penyiapan entrepreneurship dan beasiswa lanjutan. 

 

  • Rekrutmen dan Career Day

Perusahaan/lembaga/industri dapat menghubungi Career-UP untuk memperoleh calon tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan kebutuhan. Career-UP juga menyediakan fasilitas rekrutmen seperti penyebaran informasi lowongan kerja terutama ke seluruh mahasiswa di lingkungan Universitas Pertamina melalui bursa kerja online. Bursa kerja online adalah bursa kerja yang memanfaatkan platform teknologi informasi dalam  mempertemukan/memfasilitasi pertemuan antara pencari kerja dan pemberi kerja (perusahaan/lembaga/industri) melalui situs web https://cdc.universitaspertamina.ac.id/. Rekrutmen dalam kampus dan Career Day sebagai wadah bursa kerja offline akan dilakukan juga sebagai wadah pertemuan secara langsung selain dari bursa kerja online. Bursa kerja tersebut termasuk di dalamnya untuk kerja praktek dan magang.

 

  • Pengembangan Jejaring Profesional dan Industri

Kegiatan mencari dan membina hubungan baik dengan alumni dan perusahaan/lembaga/industri untuk memastikan keberlangsungan kegiatan pengembangan karir. Kegiatan ini akan dilakukan dengan mendorong ikatan alumni dan mengundang serta menjalin kerjasama terhadap perusahaan/lembaga/industri yang sedang mencari tenaga kerja untuk berpartisipasi sebagai peserta maupun sponsor untuk melakukan seminar, workshop, pameran, presentasi perusahaan, dan rekrutmen.

 

  • Tracer Study

Tracer Study adalah studi pelacakan jejak lulusan/alumni yang dilakukan sekitar 2 tahun setelah lulus. Tracer study bertujuan untuk mengetahui outcome pendidikan dalam bentuk transisi dari dunia pendidikan tinggi ke dunia kerja, output pendidikan yaitu penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi, proses pendidikan berupa evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi pendidikan tinggi terhadap pemerolehan kompetensi, input pendidikan berupa penggalian lebih lanjut terhadap informasi sosiobiografis lulusan. Selain itu, studi dilakukan juga terhadap perusahaan/lembaga/institusi sebagai pengguna lulusan untuk mendapatkan informasi evaluasi dari pihak pengguna yaitu User Study. Ke depannya Tracer dan User Study Universitas Pertamina akan dilakukan secara rutin dan merupakan kegiatan yang dilakukan di tingkat universitas sehingga data yang dikumpulkan dapat digunakan oleh fakultas dan program studi.

 

Untuk informasi lebih lanjut hubungi :

Career-UP 

Gedung Rektorat Lantai 4, Universitas Pertamina, Jl. Teuku Nyak Arief, Simprug, Kebayoran Lama.

Telp. (021) 3815111 ext. 3650.

E-mail: career@universitaspertamina.ac.id

Website: cdc.universitaspertamina.ac.id.

Pelayanan Career-UP dilakukan setiap hari kerja (Senin-Jumat) mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

Contact Appointment