Buat Aplikasi PEKA DIGI Lewat Materi Kuliah Saat Kerja Praktek, Mahasiswa Universitas Pertamina Dapat Penghargaan dari PT Pertamina EP Cepu ADK

Jakarta— Salah satu keistimewaan kuliah di Universitas Pertamina adalah mahasiswanya dapat memperoleh kesempatan magang di PT Pertamina (Persero) maupun anak perusahaannya. Kegiatan magang ini merupakan mata kuliah Kerja Praktek (Job Training) yang mereka tempuh antara semester 5 sampai dengan 7. Kesempatan tersebut menjadi ajang bagi para mahasiswa untuk mengembangkan diri lebih luas di lapangan sesungguhnya. Salah satunya Megandi, mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina Angkatan Tahun 2016, yang melaksanakan Job Training di PT. Pertamina EP Cepu ADK (PEPC ADK) pada tanggal 1 Juli sampai dengan 19 September 2019.

PEPC ADK memiliki program Health, Safety, Security, & Environment Management System (HSSE) yang dikemas dalam bentuk Pelaporan Keselamatan Kerja (PEKA) yang digunakan para karyawan untuk melaporkan kejadian-kejadian lapangan yang dirasa tidak aman untuk keselamatan kerja ke depannya. Megandi melihat bahwa program PEKA dapat lebih responsif dan aktual terhadap kejadian lapangan jika dikemas dalam bentuk digital. Sehubung dengan hal tersebut, Megandi kemudian mengajukan proyek pembuatan aplikasi yang dinamai “PEKA DIGI”.

PEKA DIGI (Pengamatan Keselamatan Kerja Digital) adalah suatu sarana online (web dan Android) yang digunakan untuk melakukan pengamatan dan pencatatan terhadap kondisi tidak aman (unsafe condition) atau perilaku tidak aman (unsafe act). Selain itu, PEKA DIGI juga dapat membantu mengkoversi dokumen pelaporan menjadi paperless. Megandi mengembangkan aplikasi PEKA dengan menerapkan metodologi Agile yang telah dipelajari di mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak. Megandi juga menerapkan pengetahuan tentang requirement gathering yang telah dipelajari di mata kuliah Interaksi Manusia dan Komputer. Dalam pengembangan aplikasi, Megandi menerapkan ilmu yang dipelajari dari mata kuliah Basis Data dalam membuat basis data (Relational Database).

Setelah melewati serangkaian persetujuan proses pembuatan, aplikasi tersebut berhasil di launching di dua kantor PEPC ADK yang berlokasi di Jakarta dan Cepu pada tanggal 17 September 2019. PEKA DIGI kemudian ditandingkan oleh PEPC ADK ke ajang kompetisi Continuous Improvement Program PT Pertamina (Persero) yang diselenggarakan pada bulan Oktober 2019. Di ajang tersebut, PEKA DIGI berhasil mendapatkan gold certificate. Kemudian PEKA DIGI juga dilombakan pada acara Forum Hulu PT Pertamina (Persero) pada tanggal 21 November 2019. Di ajang tersebut, PEKA DIGI juga berhasil meraih gold.

Sertifikat penghargaan dari PT. Pertamina EP Cepu ADK (PEPC ADK) kepada Megandi, Mahasiswa Program Studi Ilmu Komputer Universitas Pertamina Angkatan 2019.

Atas kontribusinya, Megandi mendapat apresiasi dari PT. Pertamina EP Cepu ADK. Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra selaku Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina juga turut berbangga atas kontribusi mahasiswa Universitas Pertamina tersebut. “Apa yang dicapai Megandi saat membanggakan Universitas Pertamina. Megandi mampu melihat peluang sesuatu yang butuh diperbaiki dan merekomendasikan solusinya. Ke depannya, kita akan menghadapi dunia teknologi yang semakin kompleks. Dengan turut sertanya mahasiswa Universitas Pertamina dalam menyumbangkan inovasi untuk Continuous Improvement Improvement di PT Pertamina yang lebih baik, hal tersebut membuktikan salah satu keberhasilan Universitas Pertamina sebagai institusi pendidikan ” tutupnya.

*U.H

Contact Appointment