BEASISWA ANGKATAN 2016/2017

Salam Semangat!

Universitas Pertamina membuka kesempatan bagi mahasiswa angkatan tahun 2016/2017 untuk mengajukan salah satu dari dua jenis beasiswa, yaitu BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN dan BEASISWA UNGGULAN SEMESTER.

  1. Beasiswa Studi Berkelanjutan

Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah Beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa yang tidak mengajukan Beasiswa ekonomi di awal perkuliahan namun memiliki kesulitan ekonomi untuk tetap membayar Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) pada masa belajarnya. Beasiswa ini dibuka setiap akhir semester Genap dan diutamakan bagi mahasiswa yang TIDAK MAMPU secara ekonomi. Beasiswa Studi Berkelanjutan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan potongan 100% SPP atau 50% SPP untuk sisa masa belajar.

Mahasiswa penerima Beasiswa Studi Berkelanjutan akan menandatangani Kontrak Belajar yang mengatur tentang hak dan kewajiban mahasiswa penerima beasiswa (nilai IPS dan IPK minimum, keharusan untuk menaati peraturan-peraturan di Universitas Pertamina, dan kewajiban lainnya). Kelayakan mahasiswa atas beasiswa ini akan ditinjau setiap semester (IPS) dan setiap akhir tahun akademik. Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina berhak menghentikan beasiswa yang diterima oleh mahasiswa jika ybs dinilai tidak memenuhi persyaratan dan ketentuan dalam kontrak belajar.

Berkas pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan adalah sebagai berikut:

  1. Formulir pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan yang dilengkapi dan ditandatangani di atas materai Rp 6.000 (asli), formulir dapat diunduh disini;
  2. Surat Keterangan Miskin (SKM) yang asli dari kelurahan tempat tinggal mahasiswa;
  3. Cetakan transkrip per semester langsung dari SIUP atau transkrip resmi yang dicetak oleh Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan dan ditandatangani oleh Manajer Administrasi Pendidikan;
  4. Fotokopi Kartu Mahasiswa (KTM) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP) orang tua/wali mahasiswa (difotokopi dalam lembar yang sama);
  5. Fotokopi Kartu Keluarga (KK);
  6. Fotokopi slip gaji orang tua/wali, jika orang tua/wali bekerja sebagai petani/nelayan/pedagang atau pekerjaan lain yang tidak memiliki slip gaji, mahasiswa dapat melampirkan surat keterangan yang mencantumkan nominal penghasilan dari kelurahan (surat yang asli dengan cap dan tandatangan basah);
  7. Fotokopi bukti pembayaran tagihan listrik 3 (tiga) bulan terakhir (jika listrik di rumah mahasiswa menggunakan token/prabayar, mahasiswa dapat mendatangi kantor PLN terdekat untuk mencetak bukti penggunaan listrik selama tiga bulan terakhir);
  8. Fotokopi tagihan Pajak Bumi Bangunan (PBB) atau surat keterangan pengganti tagihan PBB dari kelurahan setempat;
  9. Foto bagian depan dan ruang tengah rumah tinggal;
  10. Surat pernyataan tidak sedang menerima Beasiswa Ekonomi ataupun beasiswa lainnya dari UP dan tidak pernah mengalami penghentian beasiswa ekonomi karena melanggar kontrak belajar.

Prosedur Pengajuan Beasiswa Studi Berkelanjutan:

  1. Mahasiswa melengkapi seluruh berkas pengajuan beasiswa;
  2. Mahasiswa mengirimkan berkas pengajuan (hardcopy, disusun sesuai urutan) via pos/ekspedisi lainnya atau menyerahkan langsung kepada Fungsi Pelayanan Mahasiswa di Gedung Rektorat lt.4 Universitas Pertamina. Berkas yang dikumpulkan di luar dari batas waktu yang ditentukan TIDAK AKAN DIPROSES;
  3. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina melakukan pengecekan validitas berkas dan seleksi kelayakan penerima beasiswa. Hasil seleksi akan diumumkan selambat-lambatnya 3 (tiga) minggu sebelum masa perkuliahan semester Ganjil dimulai.

 

  1. Beasiswa Unggulan Semester

Beasiswa Unggulan Semester adalah bentuk penghargaan Universitas Pertamina kepada mahasiswa dengan Prestasi akademik sangat baik setelah mahasiswa tersebut lulus seluruh mata kuliah di tahun pertama atau lulus tahap Tahun Pertama Bersama (TPB). Beasiswa Unggulan Semester diajukan pada akhir semester untuk pembebasan 100% SPP di semester selanjutnya. Tidak ada kontrak belajar yang harus ditandatangani oleh penerima Beasiswa Unggulan Semester. Syarat dan kelengkapan berkas pengajuan Beasiswa Unggulan Semester adalah sebagai berikut:

  1. Berkelakuan baik (tidak pernah melanggar Peraturan Akademik maupun Kode Etik Mahasiswa);
  2. Lulus semua mata kuliah dan memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (untuk pengajuan di akhir semester genap 2016/2017) atau Indeks Prestasi Semester (untuk pengajuan di semester Ganjil 2017/2018 dan seterusnya) tidak kurang dari 3,25 (tiga koma dua lima) tanpa Nilai D ataupun Nilai E, dibuktikan dengan transkrip asli dari Direktorat Akademik dan Kemahasiswaan;
  3. Selama satu tahun terakhir berperan aktif dalam beragam kegiatan akademik maupun non akademik di dalam maupun di luar kampus, dapat dibuktikan dengan surat keterangan dari Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Pertamina, atau surat keterangan dari Ketua Panitia Acara Universitas Pertamina, atau surat pernyataan Manajer Unit/Fungsi tempat mahasiswa magang, atau fotokopi sertifikat lomba, atau fotokopi sertifikat kepanitiaan acara di luar kampus. Untuk format surat keterangan dari Pembina UKM, Ketua Panitia Acara UP dan Manajer Fungsi tempat magang (format dokumen dapat diunduh disini );
  4. Mengisi formulir pengajuan Beasiswa Unggulan Semester yang ditandatangani oleh dosen wali (formulir dapat diunduh disini);
  5. Fotokopi Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) yang masih berlaku;

Prosedur pengajuan Beasiswa Unggulan Semester:

  1. Mahasiswa mengumpulkan berkas pengajuan Beasiswa Unggulan Semester dengan urutan: formulir – fotokopi KTM – transkrip – surat keterangan/sertifikat, ke fungsi Pelayanan Mahasiswa Universitas Pertamina, gedung Rektorat lt.4 sebelum batas akhir penyerahan berkas. Berkas yang terlambat dikumpulkan TIDAK AKAN DIPROSES;
  2. Panitia Seleksi Beasiswa Universitas Pertamina akan melakukan pengecekan atas kelayakan mahasiswa tersebut menerima Beasiswa Unggulan Semester dan mengumumkan hasil seleksi selambat-lambatnya 3 (tiga) minggu sebelum perkuliahan semester selanjutnya dimulai.

 

TIMELINE PENGAJUAN BEASISWA STUDI BERKELANJUTAN DAN BEASISWA UNGGULAN SEMESTER

PERIODE SEMESTER GENAP 2016/2017

Pengumpulan Berkas         : 3 Juli – 14 Juli 2017 (loket pengumpulan ditutup pukul 16.00 WIB)

Periode Seleksi                     : 17 Juli – 21 Juli 2017

Pengumuman hasil             : 25 Juli 2017