Bangun Leadership Mahasiswa Universitas Pertamina Melalui Logistik

Kuliah Umum Logistic Expert PT Pertamina (Persero). 26 September 2019

Jakarta— Mahasiswa sering menerima teori-teori ilmu dari bangku perkuliahan. Namun dibangku perkuliahan juga dapat dimanfaatan untuk mendapat gambaran praktek keilmuan dari para praktisi. Misalnya menyelenggarakan kuliah tamu mengundang para expert dibidangnya. Diinisiasi oleh Logistik Transportation Forum (LTF) bekerjasama dengan program studi Teknik Logistik mengundang para ahli logistik, yaitu Direktur Logistik, Supply Chain & Infrastruktur PT. Pertamina (Persero), Ir. Ghandi Sriwidodo, MM sebagai panelis pertama, Senior Manajer Logistik dan Kepabeanan SKK Migas, George Nikolas Simanjuntak sebagai panelis kedua, dan Presiden Institute Supply Chain dan Logistik Indonesia (ISLI), Prof. Dr. I Nyoman P., Ph.D sebagai panelis ke tiga. Kuliah umum logistic expert ini membahas “Sinergi Logistik Enargi Dengan Kolaborasi Digitalisasi Demi Kesejahteraan Negeri” dan berlangsung di auditorium lt.3 gedung Griya Legita, Universitas Pertamina pada pada Kamis, 26 September 2019.

Berbanding terbalik dengan perkotaan, cost transportasi ke daerah terpencil memakan lebih banyak biaya. Hal ini dikarenakan pada proses distribusi memakai peralatan ekstra. Hasilnya harga akhir produk yang diterima masyarakat menjadi mahal. Karena itulah Ilmu logistik membantu mendistribusikan barang ke wilayah terpencil. Selain itu, ilmu logistik juga berpeluang mendapatkan barang tepat waktu, tepat jumlah , tempat kualitas dengan harga yang sesuai dengan kemampuan masyarakat.

Suasana Kuliah Umum Logistic Expert PT Pertamina (Persero). 26 September 2019

“Ilmu logistik transportasi itu ilmu yang menarik karena disana ada tanggung jawab kita (PT Pertamina ) agar masyarakat dapat menikmati barang kita secara tepat waktu, tepat jumlah, tepat kualitas dan seterusnya dengan harga yang wajar. Terlebih lagi kita memiliki tanggung jawab untuk menyiapkan energi” kata Ghandi disela sesi presentasi.

Selain itu, dengan kemudahan perkembangan akses digital juga ikut mempermudah sistem otomasi logistik di PT Pertamina diantaranya Integrated  Sharing Warehouse (ISW), Integrated Freight Forwarding (IFF), Indonesia National Single Windows (INSW).

Kuliah umum diakhiri dengan wejangan dari Direktur Logistik, Supply Chain & Infrastruktur PT. Pertamina (persero) untuk mahasiswa Universitas Pertamina dalam menyikapi tantangan kedepan.

“Tujuan mengapa kita kuliah ialah menuntut ilmu yang disisi lain berorientasi untuk meningkatkan kesejahteraan. Sebenarnya semua perusahan itu mencari karyawan yang memiliki prilaku leadership yang unggul. Leadership behavior juga memiliki nilai saing tersendiri bukan hanya didunia kerja. Tentu saja hal tersebut bisa dilatih untuk menghadapi dinamika kedepan. Triknya ialah selain bagus dalam bidang akademik, juga harus aktif berorganisasi untuk meningkatkan kualitas individu.” Tutup Gandi

*Uha

Contact Appointment