Demi mendukung terselenggaranya pendidikan secara merata bagi masyarakat luas, Universitas Pertamina menyediakan sejumlah beasiswa yaitu beasiswa ekonomi (BEUP), beasiswa pembebasan SPI dan beasiswa potongan SPI sebesar 50%. Pada tahun 2016/2017 Universitas Pertamina memberikan beasiswa kepada 501 dari 1243 mahasiswa yang terdiri dari berbagai beasiswa, salah satunya adalah beasiswa ekonomi.

Pada tahun 2017/2018, Universitas Pertamina membuka kembali beasiswa ekonomi bagi siswa lulusan SMA/sederajat berprestasi tetapi kurang mampu secara ekonomi. Adapun beasiswa ekonomi tersebut terdiri dari dua tipe, yaitu:
1. Bebas biaya SPI dan SPP setiap semester (untuk 8 semester)
2. Bebas biaya SPI dan potongan biaya SPP sebesar 50% setiap semester (untuk 8 semester).

Bagi lulusan yang ingin melakukan pendaftaran beasiswa dapat terlebih dahulu mendaftarkan diri secara online di pendaftaran.universitaspertamina.ac.id/ dan membaca detail FAQ pendaftaran ujian masuk di laman www.universitaspertamina.ac.id/akademik/pendaftaran. Jika ada kesulitan dalam mendaftar atau ingin bertanya lebih lanjut mengenai beasiswa, silahkan kirimkan surel ke info@universitaspertamina.ac.id