Lawatan Kimia ke Lab Pertamina

Lawatan ke Laboratorium Riset Milik PT. Pertamina (Persero) Bersama Prodi Ilmu Kimia UP

 JAKARTA – Tak sedikit mahasiswa dan masyarakat umum yang beranggapan bahwa ranah kerja dari lulusan Program Studi Kimia hanya sebatas menjadi guru dan dosen. Namun kenyataannya, bidang pekerjaan dari lulusan program studi yang bertumpu pada penemuan, sintesis, serta rekayasa material baru ini lebih luas dari itu. Salah satunya yaitu dalam bidang energi. “Prospek dari lulusan Prodi Kimia di perusahaan minyak sangat besar, terutama di bidang renewable energy,” ujar Ketua Program Studi Kimia Universitas Pertamina, Dr.Eng. Paramita Jaya Ratri, M.Si.

Untuk memberi gambaran yang lebih nyata akan prospek kerja lulusan prodi Kimia UP, setelah 3 semester berdiri, Program Studi Kimia Universitas Pertamina melakukan kunjungan industri perdananya pada Selasa, 12 Desember 2017. Industri yang menjadi tujuan kunjungan pada kali ini adalah Research and Technology Center (RTC) PT. Pertamina (Persero) di Jalan Raya Bekasi No. 20, Jakarta Timur, yang sebelumnya memiliki nama Pertamina Research and Development. RTC merupakan pusat pengembangan inovasi yang melibatkan para ahli sains, salah satunya yaitu ahli kimia seperti ahli katalis.

Pukul 06.30 WIB, sebanyak 43 mahasiswa Prodi Kimia UP angkatan 2016 beserta Ketua Program Studi dan Dosen Kimia UP berkumpul di Universitas Pertamina. Setelah itu, semuanya berangkat bersama menggunakan bis menuju lokasi kunjungan di Jakarta Timur. Bis sampai di RTC pada pukul 08.30 WIB dan mahasiswa langsung menuju auditorium untuk menyimak safety briefing, berdoa, serta sambutan dari Manager Laboratory Services, Dadang Gamalwan. Selanjutnya, mahasiswa dibagi menjadi empat kelompok dan secara bergiliran mengunjungi tiga Laboratorium yakni Laboratorium Nonfuel, Laboratorium Bahan Bakar, dan Laboratorium Katalis. Setiap laboratorium melibatkan berbagai proses kimia dari yang kompleks sampai yang sederhana. Mahasiswa diberi penjelasan oleh para ahli di laboratorium RTC mengenai reaksi kimia yang terjadi, fungsi alat, prinsip kerja dari alat, hingga harga alat-alat dari yang jutaan sampai miliaran.

Dengan adanya kunjungan industri ini, diharapkan Mahasiswa Prodi Kimia UP mengetahui prospek kerjanya setelah lulus nanti di perusahaan minyak terutama di bidang Renewable Energy. (KA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *