WhatsApp Image 2017-11-07 at 11.10.00

Berkolaborasi dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), Universitas Pertamina Gelar UPBringing bertema “Prospek Ekonomi 2018: Menggali Potensi Daerah”

Jakarta – Guna meningkatkan komitmen perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat, Universitas Pertamina menggelar UPBringing Session dengan tema  “Prospek Ekonomi 2018: Menggali Potensi Daerah” yang diadakan pada 26 Oktober 2017. Bekerja sama dengan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), seminar ini mengundang Menteri Keuangan RI periode (2013-2014) Dr. Muhammad Chatib Basri, S.E., M.Ec, sebagai pembicara utama. Acara yang berlangsung di Auditorium Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina, dihadiri oleh Rektor Universitas Pertamina, Wakil Rektor II Universitas Pertamina, Wakil Rektor  III Universitas Pertamina,  Walikota dan Wakil Walikota Tangerang Selatan, Walikota Bontang, Wakil Walikota Samarinda, Wakil Walikota Palangkaraya, Perwakilan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Perwakilan Pemerintah Kota Makassar, Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI), serta Civitas Akademika Universitas Pertamina.

Pada kesempatan kali ini Prof. Akhmaloka, Ph.D , Rektor Universitas Pertamina menuturkan bahwa Universitas Pertamina akan berkomitmen dan siap bekerjasama dengan Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan memberikan kontribusi penelitian mengenai potensi- potensi yang ada di daerah sehingga dapat menghadapi tantangan ekonomi pada masa medatang. Prof. Akhmaloka, Ph.D juga mengatakan bahwa jika kerja sama antara Universitas Pertamina dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dapat berjalan dengan baik, maka Indonesia akan dapat mengejar ketertinggalannya dari negara lain.

Airin Rachmi Diany, Walikota Tangerang Selatan, yang juga menjabat sebagai Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) menjelaskan bahwa dengan dibuatnya acara semacam ini, akan menumbuhkan inovasi baru kepada Anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) untuk memaksimalkan potensi yang ada didaerahnya, serta mampu menjawab tantangan perekonomian masa depan pada daerahya masing- masing.

Kemudian pada pembahasan seminar ini, Mantan Menteri Keuangan RI periode (2013-2014) Dr. Muhammad Chatib Basri, S.E., M.Ec, memberikan gambaran prospek ekonomi pada tahun 2018 khususnya di daerah- daerah. Dr. Muhammad Chatib Basri, S.E., M.Ec juga membahas mengenai permasalahan ekonomi yang timbul saat ini, sehingga kedepannya Indonesia, khususnya para Kepala Daerah mampu menghadapi tantangan ekonomi yang berkembang secara dinamis. Bersama Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, Dr. Muhammad Chatib Basri, S.E., M.Ec juga menuturkan bahwa peran pemerintah daerah dalam upaya kemajuan ekonomi mendatang adalah melakukan pemerataan membangunan pada daerah- daerah sehingga dapat berjalan selaras dengan kemajuan ekonomi Indonesia.

Di tempat yang sama, Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, memiliki kendala- kendala yang harus dihadapi dalam pengembangan daerahnya masing- masing. Maka dari itu, Beliau menuturkan bahwa perlu adanya upaya penguatan pemanfaatan potensi daerah seperti adanya regulasi dan kebijakan yang konsisten dan berkelanjutan, data base sebagai sumber informasi publik, menjalin iklim investasi kondusif, Pembangunan sumber daya manusia yang berkualitas dan pemerataan pembangunan infrastruktur, pengembangan teknologi, pendanaan modal UKM, serta adanya pengembangan sektor ekonomi di daerah.

Adanya seminar ini diharapkan mampu menjawab tantangan yang akan muncul pada perkembangan ekonomi mendatang, khususnya memberikan gambaraan kepada pemerintah daerah sehingga mampu mengembangkan potensi yang dimiliki daerah masing- masing sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan daerah. Tak hanya itu, seminar prospek ekonomi ini juga diharapkan mampu memberikan gambaran mengenai kegiatan ekonomi yang ada di masa sekarang dan di masa mendatang kepada Civitas Akademika Universitas Pertamina sehingga mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif terhadap timbulnya masalah perekonomian mendatang. (VP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *