16-11-2017 UPSPEED (3)

Program Studi Manajemen Univeristas Pertamina Gelar SPEED UP (Spirit of Entrepreneurship Development Universtas Pertamina)

Jakarta – 16 November 2017, untuk mengembangkan minat dan bakat Mahasiswa Universitas Pertamina dalam bidang kewirausahaan (Entrepreneurship), Program Studi Manajemen Universitas Pertamina menggelar talkshow berjudul SPEED UP (Spirit of Entrepreneurship Development Universtas Pertamina) dengan tema: Do Business by Empowering Others. SPEED UP yang baru dua kali digelar ini mendatangkan Piter Tan sebagai pembicara. Piter Tan merupakan pengusaha kopi sukses yang lahir di Jayapura. Piter menekuni industri kopi di Indonesia sejak tahun 2000. Piter juga membantu mengembangkan kopi di Papua sejak 2008 melalui roasting, pengembangan product, promosi, serta edukasi petani kopi. SPEED UP sendiri merupakan acara tahunan Program Studi Manajemen untuk menumbuhkan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.

Piter Tan memaparkan mengenai usaha Pabrik Kopi Garuda Jayapura. Pabrik Kopi Garuda Jayapura, didirikan pada tahun 1985 berlokasi di Jl samratulangi APO Pantai, Jayapura. Pada awalnya,  Pabrik Kopi Garuda Jayapura memiliki karyawan berjumlah lima orang dengan kapasitas produksi mampu mencapai 200kg per hari. Bergerak dibidang industri kopi bubuk robusta, Kopi Garuda Jayapura berkomitmen melayani commercial market untuk wilayah Jayapura dan sekitarnya.

Dalam menjalankan tugasnya, Piter Tan yang merupakan CEO Kopi Garuda Jayapura melakukan pengembangan- pengembangan pada kopi asli Papua dan memiliki fokus pada kesejahteraan petani kopi di Papua. Kemudian Kopi Garuda Jayapura juga berkomitmen  menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik, serta melakukan peningkatan produksi kopi asli Papua. Sebagai seseorang yang menggemari kopi, Piter Tan telah menekuni industri kopi di Indonesia sejak tahun 2000, kemudian membantu untuk pengembangan kopi di Papua sejak 2008 melalui roasting, melakukan pengembangan produk, dan melakukan promosi dan edukasi petani kopi. Pengalaman yang telah diraih Piter Tan dalam bidang kopi seperti “ Q “ grader dari CQI ( Coffee Quality Institute), anggota SCAE ( Specialty coffee Association of Europe ), anggota SCAI ( Specialty coffee Association of Indonesia ), sertifikat Profesional Barista dari SCAE, Coffee Roaster Workshop dari Marcell Knitter – Probat ( Germany ), Master Coffee Roaster Workshop dari Manuel Diaz, NTBC Bangkok Thailand 2015,  dan WCEP ( Coffee Judge Education Program ) Taipei 2015. Dengan pengalaman yang telah dimiliki, Piter Tan mmbangun Kopi Garuda Jayapura dengan konsistensi pada mutu kopi dan kuantitas kopi, melakukan pengendalian mutu produk kopi dengan pelatihan barista di kedai kopi, hotel, maupun perorangan, kemudian Piter juga melakukan penyesuaian pemanggangan kopi dengan membangun lab kopi dan mendirikan sekolah barista geratis.

Talkshow yang dihadiri kurang lebih 200 Mahasiswa Universitas Pertamina dari seluruh program studi ini diharapkan mampu memberikan gambaran bagi Mahasiswa Universitas Pertamina (khususnya Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Pertamina) mengenai peran pengusaha dalam aspek sosial maupun lingkungan pada saat memulai hingga dan mengembangkan usahanya. Dengan mengusung tema “Do Business by Empowering Others”, Mahasiswa Universitas Pertamina yang tertarik dalam dunia bisnis diharapkan dapat menjadi pengusaha yang turut andil dalam kemakmuran masyarakat dan lingkungan dengan memberdayakan dan mengembangkan keahlian yang dimiliki, sehingga dapat meningkatkan taraf hidup sekaligus ikut serta dalam meningkatkan perekonomian Indonesia. (VP)

16-11-2017 UPSPEED (8) 16-11-2017 UPSPEED (2)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *