Mendukung Minat dan Bakat Mahasiswa dalam Bidang Jurnalistik, Univeritas Pertamina Menjadi Tuan Rumah Citizen Journalist Academy Goes To Campus

Jakarta – Untuk mendukung minat dan bakat mahasiswa dalam dunia jurnalistik, pada hari Jumat, 10 November 2017 Universitas Pertamina menjadi tuan rumah seminar Citizen Journalist Academy Goes to Campus. Acara yang bertemakan “ How To Be: Digital Citizen Journalist” ini mendatangkan orang- orang yang ahli dibidangnya seperti Novi Nadya, Journalist Life Style Liputan6.com dan Marsya Gusman, Miss Internet Indonesia 2017.

Citizen Journalist Academy merupakan ajang pencarian bakat generasi muda dalam bidang jurnalistik, videografi, presenter dan public relations dengan rentang usia 17 -24 tahun. Bertujuan sebagai penggali potensi generasi muda dalam bidang jurnalistik, PT. Pertamina Persero sebagai penggagas yang kemudian bersinergi dengan Liputan6.com dan Indosiar mengadakan program pelatihan dan pembelajaran berbasis komunitas yang dikemas secara menarik dan edukatif selama empat bulan.

Dalam seminar yang digelar di Auditorium lantai 3, Gedung Griya Legita, Universitas Pertamina, Novi Nadya, Journalist Lifestyle Liputan6.com membagikan pengalamannya selama bekerja didunia jurnalistik. Novi Nadya menuturkan lifestyle identik dengan majalah yang membahas gaya hidup. Saat ini semua majalah memiliki paltform online bahkan menutup dan transformasi ke online.  Menurut Novi Nadia, ada tantangan eksternal seperti keadaan dilingkungan peliputan dan internal yaitu melawan kemauan lain yang ada didalam diri yang harus dilalui seorang jurnalis lifestyle profesional . Untuk melampaui tantangan tersebut, seorang jurnalis harus memiliki passion dalam bidang jurnalis. Novi Nadya juga menjelaskan perbedaan majalah dan media online. Majalah memiliki pembaca yang segmented, memiliki deadline mingguan, data yang dibahas lengkap dan mendalam, serta memiliki judul yang mengawang sedangkan media online memiliki pembaca yang luas, deadline perjam, data terbatas namun terus update, dan judul on point.

Pada sesi kedua yang diisi oleh Miss Internet Indonesia tahun 2017, Marsya Gusman lebih membahas mengenai cara pintar menggunakan internet dengan mengetahui dampak- dampak yang akan timbul. Masya Gusman menuturkan pemakai teknologi digital harus dapat memahami era digital seperti adanya teknologi informasi, perkembangan internet, digital yang dapat merubah budaya dan perilaku masyarakat, serta digital yang serba cepat, mudah, dan praktis dalam penggunaanya. Survey yang dilakukan APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) tahun 2016 menyebutkan 97,4 % jenis konten yang di akses masyarakat Indonesia ada pada media sosial, 96,8% pada hiburan, 96,4 % di situs berita, 93,8 % pada pendidikan, 93,1 % layanan komersial, dan 91,6% pada layanan publik. Maka dari itu, Masya Gustman memaparkan dampak negatif penggunaan internet seperti Hoax, Cybercrime, dan Cyberbullying. Hoax merupakan informasi yang ambigu atau tudak mengandung kebenaran yang akhirnya menyebabkan dilema masyarakat. Untuk mengantisipasi hoax, yang harus dilakukan adalah memeriksa kebenaran sumber melalui internet, menanyakan ke ahli atau orang yang dianggap tahu, melalui media masa (koran, TV, radio), dan melalui media sosial. Marsya Gusman juga memberikan beberapa tips menggunakan internet secara positif agar terhidar dari Hoax, Cybercrime, dan Cyberbullying yaitu menggunakan keamanan dalam mengakses internet seperti password, menggunakan internet untuk hal yang penting, dan menjalin networking melalui internet.

Seminar Citizen Journalist Academy Goes to Campus memberikan banyak sekali pembelajaran dalam dunia jurnalistik. Dengan diadakannya seminar- seminar seperti ini akan membuat potensi yang sudah ada di dalam diri Mahasiswa khusunya pada bidang jurnalistik dapat terasah. Tidak hanya itu, Seminar Citizen Journalist Academy Goes to Campus juga memberikan wawasan serta pengetahuan baru mengenai hal- hal yang sebelumnya cenderung tidak diperhatikan oleh Mahasiswa/i dalam mengakses internet pada zaman sekarang ini. Hal tersebut baik untuk mengajarkan Mahasiswa/i bersikap semestinya pada dunia Internet. (VP)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *