IMG_7537

LIBERTY UP: Library Book Review and Talkshow 2017

Jakarta – Hari Sabtu, 4 November 2017, Perpustakaan Universitas Pertamina menyelenggarakan acara bedah buku dengan nama “LIBERTY UP: Library Book Review and Talkshow 2017”. Acara ini bertemakan Critical Thinking dan bagaimana implementasinya dalam kehidupan nyata. Terdapat tiga pembicara yang dihadirkan dalam acara ini yaitu Irsyad Al Ghifari, pendiri lembarimpian.id sekaligus Mahasiswa Inspiratif IPB 2017, Frieska Haridha, Dosen Hubungan Internasional Universitas Pertamina dan Koordinator Mana Kuliah Critical Thinking, dan yang terakhir adalah Taufan Akbari, pendiri dari Rumah Millenials.

Pembicara pertama dalam talkshow ini, Irsyad Al Ghifari adalah mahasiswa tingkat 3 di Institut Pertanian Bogor. Dengan usia yang masih sangat muda, Irsyad Al Gifari banyak sekali meraih pencapaian. Pencapaian tersebut bukan hal yang instan yang Irsyad dapatkan. Menurut Irsyad salah satu cara untuk menggapai mimpi adalah dengan aktif ikut berorganisasi dan berani menjadi pemimpin. Namun, menjadi pemimpin itu tidaklah mudah. Irsyad sendiri memaparkan beberapa kiat-kiat untuk menjadi pemimpin yang baik, seperti mengenali diri sendiri, membuat life plan, memiliki mentor, mengetahui arah mana yang harus diambil, dan disiplin.

Pembicara kedua dalam acara LIBERTY UP 2017 adalah salah satu dosen Hubungan Internasional sekaligus koordinator mata kuliah Critical Thinking yaitu Frieska Haridha. Frieska yang kemudian membedah buku Critical Thinking yang ditulis oleh Richard Paul dan Linda Elder. Berdasarkan pemaparan Frieska, Critical Thinking adalah skill paling penting yang harus dimiliki pada tahun 2020. Universitas Pertamina sendiri adalah salah satu universitas yang membekali Mahasiswanya dengan mata kuliah Critical Thinking sekaligus Creative Problem Solving untuk menghadapi dunia kerja nanti.

Pembicara terakhir adalah Taufan Akbari, pendiri dari Rumah Millenials, Dekan Ilmu Bisnis di London School of Public Relations (LSPR) Jakarta sekaligus dosen tetap di kampus tersebut. Selain itu Taufan juga merupakan Youth Coach dan Mentor untuk Young On Top Community. Menurut Taufan, bertemu dengan orang baru dan membangun relasi dengan orang lain adalah hal yang sangat penting. Banyak pelajaran berharga yang dapat diperoleh dengan berteman. Bukan hanya itu, Taufan juga menyampaikan bahwa pentingnya membaca buku dan memiliki komitmen untuk membaca 3 sampai 5 buku setiap bulannya.

Acara LIBERTY UP 2017 ini diharapkan dapat menumbuhkan awareness kepada Mahasiswa/I Universitas Pertamina akan pentingnya skill berpikir kritis sebagai bekal di dunia kerja nanti. Selain menumbuhkan awareness akan critical thinking, LIBERTY UP 2017 juga bertujuan untuk mendorong minat baca dikalangan Mahasiswa/I Universitas Pertamina Kemampuan critical thinking hanya akan terasah apabila manusia memiliki referensi, pengetahuan, serta proses berpikir yang jelas. Kemampuan ini dapat diperoleh salah satunya dengan rajinnya membaca buku. (IR)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *