WhatsApp Image 2017-11-07 at 09.38.06

Aliansi Lima Perguruan Tinggi berbasis BUMN Resmi Dibentuk

JAKARTA – Pada hari Jumat, 28 Oktober 2017, bertempat di Gedung Pos Indonesia, Jakarta Pusat, dilakukan peresmian Aliansi Perguruan Tinggi berbasis Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN). Aliansi yang beranggotakan Universitas Pertamina, STT PLN, Universitas Telkom, STIMLOG, dan UISI tersebut dibangun untuk menjawab tantangan kebutuhan BUMN, mulai dari kajian ilmiah hingga pemenuhan Sumber Daya Manusia. “APERTI BUMN sangat dibutuhkan karena masing-masing universitas ini memiliki spesialisasi yang dibutuhkan di dunia industri,” ujar Ketua Umum APERTI BUMN dan Rektor Universitas Pertamina, Prof Akhmaloka, Ph.D.

            Turut hadir di acara tersebut yaitu Mohammad Nuh, DEA, selaku Menteri Pendidikan Indonesia periode 2009 – 2014 dan Advisory Board Universitas Pertamina. Dalam kesempatannya, Mohammad Nuh, DEA menekankan bahwa dunia pendidikan memerlukan inovasi karena adanya perubahan jaman “Perguruan tinggi harus menciptakan semangat kompetisi sehingga merangsang daya inovasi. Perguruan Tinggi harus bergerak linier dengan perubahan, artinya pemikiran-pemikiran yang masih terbatas pada penguatan golongan harus dihapuskan. Kita perlu disrupted campus. Review, process, value. Kajilah kembali sumber daya kita, apakah sudah sesuai dan bisa dialokasikan secara tepat pada tempat yang tepat, bagaimana prosesnya, dan tata nilainya (ktiteria-kriterianya). Kampus-kampus di Indonesia perlu dipimpin dengan disruptive mindset,” tuturnya. Lebih lanjut Mohammad Nuh, DEA menyampaikan bahwa dengan diresmikannya APERTI BUMN dapat menjadi wadah kerjasaama antar lini untuk menghasilkan SDM unggul yang mampu bersaing secara global.

            Acara yang dihelat bertepatan dengan hari Sumpah Pemuda ini diharapkan akan menjadi tonggak sejarah yang mampu menghantarkan Indonesia  bersaing dengan cepat, menghasilkan inovasi yang mumpuni dan akhirnya mendorong GDP Indonesia terlebih  masing-masing perguruan tinggi yang tergabung dalam APERTI memiliki ciri khas dan memegang sektor penting di Indonesia; energi, kelistrikan, telekomunikasi, logistik, dan sipil. Hal tersebut tentunya menjadi impian bagi setiap perguruan tinggi untuk memberikan yang terbaik bagi bangsa dan negara. (RA)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *