lomba debat ilmiah

UKM Debat Ilmiah Universitas Kembali Torehkan Prestasi di Perlombaan Suska National Debate 2017

JAKARTA- Suasana tenang dan sambutan ramah adalah dua kata yang tampak keluar dari tiga mahasiswa/i Universitas Pertamina ketika ditemui disela-sela istirahat makan siang, mereka adalah Fina Visgisra (Ilmu Ekonomi), Heri Kurniawan (Hubungan Internasional), dan Nugroho Adi Murtopo (Hubungan Internasional). Ketiga mahasiswa tersebut menjadi perwakilan UKM Debat Ilmiah Universitas Pertamina dalam lomba yang diadakan di UIN SUSKA Riau pada 6-10 September 2017.

UKM Debat Ilmiah Universitas Pertamina kembali menorehkan prestasi dikancah nasional, setelah pada November 2016 UKM Debat Ilmiah berhasil meraih peringkat ke-3 pada lomba debat yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Surabaya (UNESA).

Sebagai peserta yang mengikuti lomba debat di UNESA, Heri Kurniawan menerangkan jika terdapat perbedaan dalam hal persiapan lomba kali ini. Kalau pada perlombaan sebelumnya, UKM Debat melakukan persiapan hampir dua bulan, namun pada perlombaan yang diadakan di UIN SUSKA Riau kali ini, Heri dan teman-teman hanya memiliki waktu sekitar satu minggu untuk persiapan. Nugroho menambahkan lomba debat kali ini lebih sedikit rumit karena mengharuskan setiap peserta untuk membuat essay, sebelum nantinya peserta terpilih lanjut ke babak selanjutnya.

Mengingat minimnya persiapan dalam perlombaan kali ini, Tim Debat Ilmiah UP tidak menaruh target tinggi, tetapi ketika melihat pengumuman babak penyisihan, Tim Debat UP berhasil keluar sebagai peringkat pertama dengan menoreh (522), mengungguli UGM (513), IPB (512) , dan Universitas Riau (507). Heri menyebutkan, ketika melihat hasil ini mereka menjadi lebih optimis dalam tahap berikutnya, waktu yang ada pun digunakan untuk mempertajam kemampuan retorika. Hingga pada akhirnya, Tim Debat Ilmiah Universitas Pertamina berhasil menjadi juara pertama dalam perlombaan tersebut.

Fina menyebutkan salah satu kunci sukses keberhasilan mereka adalah kekompakan tim, karena menurutnya debat tidak akan berhasil tanpa kerjasama yang solid apalagi waktu persiapan yang sangat minim. (Ezra/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *