Kembangkan Future Leaders Lewat Program Beasiswa, Universitas Pertamina Undang Tanoto Foundation

Jakarta – Pada 31 Agustus 2017 lalu, Universitas Pertamina menyelenggarakan UPBringing Session dengan tema Mengembangkan Future Leaders melalui Program Beasiswa. Pada UPBringing kali ini, Universitas Pertamina berkesempatan mengundang Ketua Pengurus Tanoto Foundation Indonesia, Sihol Aritonang, S.E., MBA. Acara berlangsung di Auditorium, Griya Legita, Universitas Pertamina dengan dihadiri Dewan Penasihat Universitas Pertamina, Dr. Ir. Dwi Soetjipto, MM, Wakil Rektor  II Bidang Keuangan dan Sumber Daya Organisasi, Simson Panjaitan, Wakil Rektor III Bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama Universitas Pertamina, Budi Soetjipto, Ph.D, Dosen dan Mahasiswa/i Universitas Pertamina.

Tanoto Foundation merupakan lembaga filantropi yang memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam menanggulangi kemiskinan melalui Pendidikan, Pemberdayaan, dan Penigkatan Kualitas Hidup. Lembaga ini didirikan oleh Sukanto Tanoto dan Tinah Bingei Tanoto pada tahun 1981 dengan landasan bahwa setiap orang patut memiliki kesempatan untuk merealisasikan potensinya secara penuh. Pada kegiatan utamanya dibidang pendidikan,  Tanoto Foundation mendukung penuh perluasan akses pendidikan dengan memberikan beasiswa untuk jenjang pendidikan Strata-1 dan Strata-2, serta mengembangkan peningkatan mutu pendidikan Indonesia dengan melaksanakan program Pelita Pendidikan di Pedesaan Indonesia.

Pada acara ini Sihol Aritonang, S.E., MBA, Ketua Pengurus Tanoto Foundation Indonesia menyampaikan untuk mendapatkan program beasiswa, terdapat beberapa kriteria yang harus dimiliki calon penerima beasiswa. Adapun kriteria tersebut terdiri dari mahasiswa penerima beasiswa harus memiliki prestasi akademik yang baik, melampaui IPK minimum untuk setiap jenjang, adanya kemampuan untuk meningkatkan prestasi akademik, memiliki potensi kepemimpinan, aktif di organisasi dalam maupun luar kampus, memiliki kepedulian sosial yang tinggi, memiliki visi yang jelas dimasa depan, dan kebulatan tekad. Mahasiswa yang berasal dari kalangan ekonomi lemah juga seringkali diprioritaskan untuk mendapatkan beasiswa dengan syarat mereka memiliki kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. Dengan kriteria yang disebutkan diatas diharapkan calon penerima beasiswa akan lolos dari tahap- tahap seleksi penerimaan beasiswa. Tahapan tersebut meliputi, tahap seleksi berkas, tahap psikotes, tahap wawancara, dan tahap terakhir yaitu tanda tangan perjanjian.

Acara UPBringing kali ini diharapkan dapat memupuk jiwa generasi pemimpin masa depan dengan peningkatan soft skills (berkomunikasi) dan peningkatan motivasi khususnya pada Mahasiswa/i Universitas Pertamina. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi tombak pengembangan Sumber Daya Manusia yang berkualitas di Indonesia khususnya dari lulusan Universitas Pertamina. Sehingga, nantinya Universitas Pertamina dapat berkontribusi penu dalam menyumbang pemimpin masa depan yang berkompeten.  Dengan begitu, Indonesia akan memiliki para penerus bangsa dan pemimpin yang bermutu tinggi. (Madha/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *