Kembangkan Minat Bakat Mahasiswa Universitas Pertamina, Direktorat Kemahasiswaan Adakan LIGHT UP

Jakarta – Direktorat Kemahasiswaan Universitas Pertamina menyelenggarakan kegiatan yang bertujuan untuk mengembangkan minat bakat mahasiswa bernama “LIGHT UP” pada tanggal 7 hingga 11 Agustus yang diadakan di Universitas Pertamina dan Desa Binaan. LIGHT UP merupakan suatu rangkaian acara character building yang didesain untuk melatih kepemimpinan para mahasiswa Universitas Pertamina.  Dengan tema “Life Design and Act Together 2017”, diharapkan para mahasiswa UP mampu mendalami values yang ada di UP dan mampu mengaplikasikannya ke dalam kehidupan.

Di hari pertama, acara LIGHT UP mempunyai beberapa sesi. Terdapat talkshow dari Dalu Huzlul K dan Rendy Saputra. Kedua pembicara ini memberikan materi-materi yang mampu memotivasi para mahasiswa agar mereka dapat memahami hakikat asli dari seorang manusia. Kedua pembicara ini juga sepakat bahwa manusia tercipta bukan karena suatu keisengan tertentu, namun memang terdapat suatu misi tertentu yang telah ditetapkan oleh Sang Pencipta terhadap ciptaannya. Tidak hanya itu, kedua pemateri juga memberikan pemahaman-pemahaman tentang pentingnya bertanggung jawab atas pilihan hidup. Baik pilihan tersebut bagus atau tidak, terdapat suatu makna di dalamnya.  Setelah mendengarkan materi presentasi, para peserta LIGHT UP langsung melanjutkan sesi mentoring dimana mereka bisa terbuka secara bebas mengenai hakikat diri dan pilihan hidup mereka terhadap teman sebayanya dan para mentor.  Acara dilanjutkan dengan sesi presentasi mengenai nilai-nilai yang terdapat di Universitas Pertamina atau yg dikenal dgn nama Values UP. Para dosen UP, memberikan penjelasan yang lebih jelas mengenai makna-makna yang terdapat di dalam values tersebut. Values yang dimaksud ialah Spirituality, Integrity, Professionalism&Inovation, Excellent, Global Mindset, dan Social Responsibility.

Acara LIGHT UP hari ke-2 dimulai dengan motivation talk dari Dr. Indra Uno sebagai pembicara. Beliau memotivasi para mahasiswa untuk bisa beradaptasi terhadap segala perubahan yang mungkin akan terjadi. Meski diawal perubahaan dianggap sebagai sesuatu yang buruk, namun para mahasiswa wajib menghadapi perubahaan tersebut. Bagi para mahasiswa mungkin terdengar sulit, namun Indra Uno meyakinkan mereka bahwa selalu ada kesempatan dibalik kesusahan dalam perubahan tersebut. Selanjutnya, sesi acara ke-2 diisi dengan workshop mengenai Life Design yang dimentori oleh Arfiana Rafnialdi. Arfiana mengajak para mahasiswa untuk merancang mind map tentang diri mereka sendiri, mengetahui secara sadar apa peran mereka di kehidupan, hingga menentukan impian mereka dan cara mencapai impian itu melalui serangkaian target-target yang ditetapkan dalam jangka waktu tertentu.

Setelah dua hari LIGHT UP diadakan di Universitas Pertamina, Hari ini, Rabu 9 Agustus 2017 peserta Light Up kembali mendapatkan pelatihan di Auditorium Universitas Pertamina sebelum terjun langsung ke desa di Bogor pada 10-12 Agustus 2017. Acara hari ini terbagi menjadi tiga sesi. Sesi pertama menghadirkan Pandu Manggala (diplomat muda yang bersekolah di Tokyo sekaligus koordinator PPI dunia) dan Undang Suryaman alias Bang Jack (tukang parkir lulusan SD pendiri sekolah gratis di Rancaekek). Keduanya memiliki kapasitas kemampuan yang berbeda namun sama-sama menghasilkan karya yang luarbiasa.

Pada sesi kedua, M. Rihan Handaulah (Tenaga Ahli Anggota KomisiXI & Badan Anggaran DPR RI) dan M. Fajrin Rasyid (CO Founder Bukalapak) membahas mengenai potensi dan peran mahasiswa. Saat di bangku kuliah, keduanya sangat memanfaatkan masa-masa mahasiswanya untuk mencoba hal-hal baru karena saat menjadi mahasiswa, kesalahan dalam mencoba hal baru masih dimaklumi. Materi mengenai Organisasi Kemahasiswaan Indonesia dan Kepemimpinan dibahas oleh Ridwansyah Yusuf Achmad (Advisor untuk Walikota Bandung di bidang Kebijakan Publik dan Kerjasama Luar Negeri) pada sesi ketiga. Setelah 3 hari melakukan kegiatan di Auditorium, peserta Light Up akhirnya melakukan kegiatan di tempat yang berbeda yakni di GOR Universitas Pertamina. Di sana, peserta membentuk kelompok baru dan melakukan game-game seru yang semakin mengenalkan peserta satu sama lain. (Yosi/Khansa/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *