Berikan Pengalaman Langsung mengenai Organisasi, Pertamina Hulu Energi menggandeng Mahasiswa Universitas Pertamina menjadi Panitia di Acara Forum Presentasi Continuous Improvement & Sharing Knowledge

Jakarta – PT Pertamina Hulu Energi (PHE) memberikan pengalaman praktik nyata keadaan dunia kerja pada Mahasiswa/ Mahasiswi Universitas Pertamina dengan melibatkan dalam kepanitiaan acara Forum Presentasi Continuous Improvement Program PHE 2017 yang berlangsung pada 7 hingga 10 Agustus 2017 di Jl. TB Simatupang, Jakarta Selatan. Dalam kegiatan ini mahasiwa mampu membangun koneksi baru dengan setiap pegawai PHE sehingga memudahkan mahasiswa untuk bertukar ilmu yang tidak didapay diperkuliahan.

Forum Presentasi Continuous Improvement Program PHE 2017 merupakan ajang nasional yang berguna membentuk sinergi seluruh anak perusahaan PT. Pertamina Hulu Energi melalui kegiatan improvement & sharing knowledge. Forum yang dihadiri oleh pekerja PHE dari seluruh wilayah kerja yang tersebar di Indonesia ini telah diadakan sebanyak 4 kali. Pada tahun ke-4, Universitas Pertamina mendapatkan kesempatan untuk andil dalam acara besar ini sebagai panitia penyelenggara, dengan mengirimkan 15 Mahasiswa/ Mahasiswinya sebagai perwakilan.

Sebelum acara Forum Presentasi Continuous Improvement Program PHE 2017 dimulai pada 07 – 10 Agustus 2017, Panitia CIP 2017 mengadakan technical meeting pada Jumat, 04 Agustus 2017. Dalam rapat ini dibahas seluruh persiapan acara mulai dari pembagian kerja panitia, susunan acara, hingga seluruh perlengkapan yang dibutuhkan para peserta. Dalam pembagian kerja kepanitiaan Mahasiswa/ Mahasiswi Universitas Pertamina dibagi menjadi beberapa divisi kepanitiaan untuk 4 hari bertugas. Dalam pembagian kerja mahasiwa di rolling per dua hari kerja untuk mendapatkan ilmu keseluruhan. Pembagian kerja hari pertama dan kedua, 8 mahasiswa bertanggungjawab dalam stream A- H untuk membantu kerja koordinator stream, memandu moderator, serta menjadi time keeper. 2 mahasiswa bertugas membantu koordinator konsumsi, mengecek konsumsi dibagikan dalam setiap stream. 1 Mahasiswa ditugaskan sebagai koordinator foto booth, dan memastikan setiap gugus telah berkunjung ke foto booth. 4 mahasiswa lainnya bertugas di meja registrasi pengunjung dan gugus serta membantu panitia yang lain. Pada technical meeting, Mahasiswa juga diajak berkeliling ke ruangan yang akan digunakan sebagai tempat berlangsunya acara sehingga pada saat acara berlangsung tidak ada kendala.

Selama tiga hari, kegiatan berjalan lancar, tidak ada kendala yang berarti dan acara berjalan sesuai rencana. Mahasiswa yang bertugas sebagai panitia bekerja sesuai pembagian kerja masing- masing. Panitia CIP PHE memberikan kebebasan dan tanggungjawab penuh kepada mahasiswa yang bertugas untuk memutuskan tindakan, mencari solusi, dan memberikan tanggapan. Pada tiga hari bertugas, para panitia CIP PHE memberikan pengarahan dan ilmu baru kepada para mahasiswa. Tak hanya itu, tak jarang panitia CIP PHE membaur dengan para mahasiswa selayaknya rekan kerja, ramah, dan selalu  memberi perhatian. Pada hari terakhir, Mahasiswa/Mahasiswi Universitas Pertamina diajak berkeliling PHE dan keruangan Ketua Panitia Penyelenggara CIP PHE 2017, Imron untuk diberikan kesan pesan serta salam perpisahan. (Vitra/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *