Kunjungan Audiensi Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) ke Universitas Pertamina

JAKARTA –  Universitas Pertamina mendapatkan kesempatan untuk melaksanakan audiensi dengan 250 pelajar berprestasi tingkat SMA-SMK-MA dari seluruh Indonesia yang bergabung dalam Forum Pelajar Indonesia pada 26 Juli 2017 lalu. Forum tahunan ini merupakan program yang diselenggarakan oleh Indonesia Student & Youth Forum (ISYF) berkolaborasi dengan Pemerintah, pihak swasta, maupun berbagai organisasi pendidikan termasuk Universitas Pertamina.

Bertempat di Ruang Auditorium Universitas Pertamina, para pelajar tidak hanya diajak untuk mengenal lebih jauh tentang Universitas Pertamina tetapi juga menambah pengetahuan serta wawasan mereka dengan motivational talk, eksperimen, dan mengunjungi sejumlah stand program studi yang ada di Universitas Pertamina.

Aacara dimulai dimulai dari sambutan pembukaan Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka Ph.D yang kemudian dilanjutkan tanya jawab seputar Universitas Pertamina dan dunia pendidikan di Indonesia. Kemudian dilanjutkan pengenalan beberapa jajaran petinggi Universitas Pertamina seperti Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina, Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, Dekan Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi & Fakultas Sains dan Komputer, Prof. Dr. Rer. Nat. Awali Priyono, Dekan Fakultas Perencanaan Infrastruktur dan Fakultas Teknologi Industri, Prof. Ir. Suprihanto Notodarmojo, Ph.D,serta Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis & Fakultas Komunikasi dan Diplomasi Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono M.Eng. Dalam pengenalan ini, para pelajar diberikan kesempatan mengenal lebih jauh lagi mengenai Universitas Pertamina melalui pemaparan program studi yang ada di Universitas Pertamina oleh Dekan yang bersangkutan. Acara ini memberikan kesempatan luas serta ruang untuk berdiskusi secara langsung dengan para petinggi Universitas Pertamina. Para pelajar diberi kebebasan untuk berpendapat serta menanyakan mengenai Universitas Pertamina bahkan segala hal mengenai pendidikan di Indonesia.

Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra, selaku Wakil Rektor I bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Pertamina juga memberikan motivational talk kepada para pelajar yang tergabung di Forum Pelajar Indonesia ini. Prof. Dr. Ir. Ichsan menyampaikan bahwa kesuksesan dapat dibentuk dari potensi dalam diri, kesempatan yang dimiliki, serta kebiasaan dan kerja keras yang dilakukan setiap orang yang ingin mencapai kesuksesan. Wakil Rektor I Universitas Pertamina ini juga menyebutkan bahwa takaran kesuksesan itu ada pada kepuasan dalam diri. Kemudian Prof. Dr. Ir. Ichsan juga menyebutkan bahwa kesuksesan yang diraih seseorang akan menjadi kesuksesan bagi keluarga orang tersebut. Para pelajar sangat berantusias pada sesi ini, dilihat dari tepuk tangan yang selalu hinggap setiap saat pergantian kalimat motivational talk  yang disampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Ichsan tersebut.

Bertujuan membagi pengalaman, dan memberikan akses untuk mengenal lebih jauh dunia perkuliahan, Universitas Pertamina juga mengajak para pelajar berpartisipasi dalam eksperimen permeabilitas serta porositas yang dilakukan oleh prodi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina. Pada eksperimen porositas ini peserta diajak secara langsung menghitung cepatnya laju air yang terserap pada batuan yang memiliki jenis dan bentuk berbeda. Kemudian secara bersama- sama mereka diajak menyimpulkan hasil yang diperoleh dalam eksperimen tersebut. Pada eksperimen permeabilitas para pelajar diajak mengukur kemampuan batu untuk meloloskan fluida. Tak hanya diruangan Auditorium, saat para pelajar keluar ruangan, mereka disambut oleh sejumlah booth yang telah disediakan oleh beberapa program studi yang ada di Universitas Pertamina. Pada booth tersebut dikenalkan jenis- jenis batuan oleh Program Studi Teknik Geologi, percobaan konsentrasi larutan oleh Program Strudi Ilmu Kimia, dan masih banyak lagi.

Dengan diselenggarakannya forum ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa kepemimpinan bagi para pelajar dan memberikan motivasi tinggi dikalangan pelajar Indonesia sehingga Forum Pelajar Indonesia dapat melahirkan para generasi muda yang terampil dan memiliki pengetahuan luas. Acara ini juga diharapkan dapat meningkatkan pola pikir generasi muda sehingga mampu berfikir kritis dan menyelesaikan segala permasalahan yang ada di masyarakat, sehingga dapat menjadi agen perubahan bagi daerahnya masing- masing. Serta, forum ini juga diharapkan dapat memberikan bekal untuk mengasah kreatifitas para pelajar Indonesia sehingga dapat mengharumkan bangsa di kancah Internasional. (Vitra/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *