Ajak Siswa SMA Mengenal Dunia Perminyakan, Prodi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina Gelar Kegiatan UPStream

Jakarta – Awam berpikir bahwa dunia perminyakan hanya terbatas pada produksi atau penggunaan minyak. Tidak jarang mahasiswa yang melanjutkan jenjang pendidikan dengan mengambil program studi teknik perminyakan selalu digoda agar bisa membuat kebijakan terkait harga bahan bakar murah atau dianggap ingin menjadi “raja minyak” hingga pemilik SPBU. Sebetulnya anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, tetapi Teknik Perminyakan memiliki cakupan ilmu yang sangat luas. Pengetahuan paling mendasar mengenai teknik perminyakan adalah tentang proses pembentukan minyak atau gas bumi  itu sendiri. Bahwa minyak terbentuk dari organisme baik hewan atau nabati. Saat ini, Teknik Perminyakan mulai mengakselerasi perkembangan keilmuan untuk kebutuhan hajat hidup orang banyak.

Guna mengedukasi khalayak tentang Teknik Perminyakan, Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Pertamina, Tim Wakil Rektor III Universitas Pertamina dan Universiti Teknologi Petronas (Malaysia) menyelenggarakan event UPSTREAM 2017 pada tanggal 13 Juni 2017 di Griya Legita Universitas Pertamina. UPSTREAM tahun ini memiliki tema “Introduction of Petroleum Engineering”, acara ini dibagi menjadi 2 kegiatan utama yakni Interactive Talkshow dan Petro Smart Competition.

Acara UPSTREAM mengundang 9 (sembilan) sekolah pilihan di Jakarta dengan tiap sekolah mengirimkan delegasi sebanyak 10 (sepuluh) siswa SMA dan 1 (satu) guru pendamping. Para delegasi diseleksi terlebih dahulu oleh sekolahnya karena acara ini memakai bahasa inggris sebagai bahasa pengantar kegiatannya sehingga diharapkan para delegasi fasih dalam berbahasa inggris agar acara berjalan lancar.

Acara dibuka oleh ketua panitia UPSTREAM yaitu M. Iqbal Ferdiansyah dan Budi W. Soetjipto, Ph.D selaku Wakil Rektor III dimulai pada jam 09.00 WIB. Dilanjutkan dengan bincang interaktif yang dipandu oleh dosen Teknik Perminyakan, Bastian Andoni, M.Sc sebagai moderator. Event ini dibagi 2 (dua) panel. Panel pertama menghadirkan Raka Sudira Wardana, M.T., Ajeng Purna Putri Octaviani, M.T, dan Dr. Syahrir Ridha dengan tema Introduction of Petroleum Engineering. Panel kedua menghadirkan Dr. Dzeti Farhah Mohshim, Muhammad Luqman Hasan, serta Nabilla Afzan Abdul Aziz dari Universiti Teknologi Petronas dengan tema Oil and Gas Infrastructure.

Adapun acara Petro Smart Competition terdiri dari beberapa kegiatan yang melibatkan keaktifan dan kreativitas siswa seperti Petroquiz, Oil Rig Design, Porosity and Permeability Experiment, dan Mix and Match. Sebelum memulai eksperimen tentang keilmuan yang ada di dunia perminyakan, siswa diajak untuk menjawab materi yang telah disampaikan sebelumnya di bincang interaktif melalui kegiatan Petroquiz. Acara dilanjutkan dengan pembuatan Oil Rig sederhana dari kumpulan lego brickset yang berjumlah 1000. Pada kegiatan Oil Rig Design ini, siswa diminta untuk bergabung dalam kelompok untuk melatih kekompakan mereka. Setelah Oil Rig Design terlaksana, siswa diajak bereksperimen tentang percobaan porositas dan permeabilitas air dan bahan pendukung di acara Porosity and Permeability Experiment. Terakhir, setiap kelompok diminta untuk mencocokkan gambar yang berhubungan dengan Rig dan penjelasannya di kegiatan Mix and Match.

Acara diakhiri dengan buka puasa bersama serta pengumuman pemenang lomba Petro Smart Competition. SMA 81 Jakarta dinyatakan sebagai pemenang kemudian SMA 61 Jakarta menyandang juara kedua, dan SMA 74 Jakarta menempati juara ketiga. Selain mengumumkan sekolah yang berhasil menjadi juara,  terdapat pemberian gelar “Active Student” kepada siswa-siswi terpilih yaitu Thaaliban Allaam (SMA 81 Jakarta), Khalil Makarim (SMA 81 Jakarta), Rachmani Aisha N. (SMA 61 Jakarta), dan Muhammad Ahmad Yani (SMA 21 Jakarta).

Dengan adanya acara semacam ini, diharapkan dapat meningkatkan minat dan pengetahuan siswa/siswi SMA tentang bidang keilmuan Teknik Perminyakan. Para siswa pun diharapkan dapat memahami pentingnya keilmuan ini dalam kaitannya dengan kemajuan peradaban global. (Reifandi/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *