Geologist pun Bisa Jadi Enterprenur!

“Setinggi apapun pangkat yang dimiliki, anda tetaplah seorang pegawai. Sekecil apapun usaha yang anda punya, anda adalah Bos nya” -Bob Sadino-

Hidup dalam kemapanan adalah impian bagi setiap orang, karena dengan begitu, kelangsungan hidup diri dan keluarga dapat terjamin. Banyak hal yang dilakukan oleh setiap orang untuk mencapai kondisi tersebut, salah satunya menjadi entrepeneur. Menjadi seorang entrepreneur bukanlah hal yang mudah, namun bukan pula hal yang mustahil. Apapun latar belakang dan keadaannya, setiap orang berhak dan mampu bertransformasi menjadi seorang enterpreneur, tantangan dan pertanyaan mendasar yang harus diselesaikan terlebih dahulu adalah kita mau atau tidak.

Hal tersebut sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Ir. Sonny T Noegroho (Direktur PT. Bima Mining (Semen Bima)) dalam kegiatan seminar kewirausahaan bertema  “Becoming an Entrepreneur Geologist” yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina, Kamis, 18 Mei 2017 yang bertempat di Auditorium Griya Legita Universitas Pertamina. Di awal penyampaian materinya, beliau menyebutkan bahwa : “…menjadi seorang enterpreneur harus diawali dengan niat dan keyakinan yang kuat”. Meskipun latar belakang beliau adalah seorang geologist, keinginannya untuk menjadi seorang enterpreneur sudah ia tumbuhkan sejak masih remaja. Terbukti, semangat tersebut masih ada hingga kini beliau telah menjadi seorang pengusaha sekaligus direktur dari PT. Bima Mining.

Selanjutnya, dalam paparannya Ir. Sonny T Noegroho menjelaskan bahwa setidaknya ada beberapa hal yang harus dimiliki seorang enterprenur diantaranya: (1) haruslah bermimpi besar, (2) perbaiki atittude, (3) Ubah persepktif, lihatlah masalah sebagai tantangan, (4) Berpikiran terbuka, (5) Menjadi pendengar yang baik, (6) membangun jaringan, (7) peka terhadap kesempatan yang ada, (8) memiliki semangat baja, (9) dan berani bertindak. “…kemudian setelah itu, kita haruslah punya keyakinan yang tinggi terhadap diri kita sendiri, karena ‘you are what you think’ bagaimana kita tergantung cara kita menilai diri kita sendiri” pungkasnya.

Kegiatan tersebut disambut secara resmi oleh Koordinator Program Studi Teknik Geologi yaitu Epo Prasetya Kusumah, S.T., M.Sc. Dalam sambutannya beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan yang sangat bermanfaat ini. Beliau menyampaikan bahwa : “…Kegiatan seminar ini adalah murni hasil program kerja dari Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi Universitas Pertamina.”

Kegiatan ini diikuti dengan antusias oleh seluruh mahasiswa Teknik Geologi dan beberapa mahasiswa dari jurusan lain yang tetap bersemangat meskipun berada dalam suasana libur semester. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan inspirasi bagi mahasiswa agar dapat menjadi seorang enterprenur di usia muda, karena sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa pertumbuhan penduduk semakin besar dan berbanding lurus dengan tersedianya lapangan pekerjaan. Dengan menjadi seorang enterprenur bukan hanya tentang kesejahteraan diri pribadi, tetapi juga membuka ruang bagi oranglain untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik. (Ilham/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *