Mengenalkan Teknik Logistik kepada Masyarakat melalui Kuliah Umum “UPLOADING”

Jakarta – Sebagai negara yang memiliki perbandingan daratan dan lautan sebesar 30:70 menjadikan Indonesia mendapatkan label sebagai negara maritim. Meskipun begitu potensi kelautan di Indonesia sangat melimpah namun yang terjadi pemanfaatannya masih belum optimal, kontribusi laut terhadap PDB nasional masih di bawah 30%. Hal ini jelas menjadi tantangan bagi Indonesia untuk dapat mengembangkan seluruh wilayah perairan dengan berbagai kebijakan dan peraturan yang tepat guna meningkatkan perekenomian dan juga ketahanan negara Indonesia.

Untuk menunjang hal tersebut, pemerintah bekerjasama dengan para pemangku kepentingan harus menyusun sejumlah strategi seperti meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan laut dan dunia kemaritiman, membangun jalan antar pulau, hingga infrastruktur di setiap pulau. Di sektor pendidikan, perguruan tinggi memiliki tanggungjawab dalam menghasilkan output sumber daya manusia yang dapat menjawab berbagai permasalahan salah satunya adalah memaksimalkan potensi kelautan yang ada.

Di Indonesia, bidang keilmuan yang mempelajari kelautan dan kemaritiman tidak hanya dipelajari oleh mahasiswa yang berasal dari program studi kelautan, perikanan, maupun oseanografi tetapi ilmu logistik nyatanya juga memiliki andil dalam menjadikan Indonesia sebagai poros maritim.

Teknik Logistik merupakan ilmu yang mempelajari proses perencanaan, pengolahan yang strategis tehadap pemindahan dan penyimpanan barang, suku cadang dan barang jadi dari para supplier kepada para pelanggan. Karena masih sedikitnya perguruan tinggi yang memiliki Jurusan Teknik Logistik di Indonesia, maka masih banyak masyarakat yang belum mengetahui secara jelas akan peranan teknik logistik dalam kehidupan sehari- hari. Maka dari itu, untuk mengembangkan pemahaman mengenai Teknik Logistik, pada Sabtu 22 April 2017, Program Studi Teknik Logisitik Universitas Pertamina menyelenggarakan UPLOADING (Universitas Pertamina – Logistics Engineering: Advising and Inspiring) dengan tema “Global Trends in Logistic Studies”.

Kuliah umum ini diisi oleh Dr. Ing. Asep Ridwan, M.T. (Associate Professor dari University of Sultan Ageng Tirtayasa sekaligus lulusan Teknik Logistik dari Institute of Transport System and Logistics, Universitas Duisburg- Essen, Jerman). Acara berlangsung di Auditorium lantai 3, Gedung Griya Legita pada pukul 09.00 hingga 15.00 WIB. Kuliah umum ini dihadiri oleh Mahasiswa Teknik Logistik Universitas Pertamina dan perwakilan Mahasiswa D3 Teknik Logisitik Politeknik APP Jakarta.

Acara dibuka oleh Kaprodi Teknik Logistik Universitas Pertamina, yaitu Ibu Yelita Iskandar  dan dilanjutkan dengan penyampaian materi kuliah umum dan sesi tanya jawab oleh pembicara. Materi yang disampaikan meliputi Pengertian Logistik dan Keilmuan Teknik Logistik, Sejarah Perkembangan Keilmuan Teknik Logistik, Body of Knowledge Teknik Logistik, Perbedaan Teknik Logistik dengan Teknik Industri, Manajemen Logistik, dan Bidang Keilmuan Lainnya, serta Perkembangan Keilmuan dan Riset di Bidang Teknik Logistik di Dunia.

Menurut Dr. Ing. Asep Ridwan, M.T. Teknik Logistik adalah ilmu yang meliputi tiga pokok studi dasar, yaitu kemampuan dasar engineering, Logistic Supply and Chain, serta ekonomi dan manajemen. Selain itu, seorang teknisi logistik tidak perlu memperhatikan raw material dalam merencanakan suatu proyek logistik karena yang perlu diperhatikan di bidang logistik yaitu supplier produsen dan konsumen. Dalam akhir penyampaian materinya, Dr. Ing. Asep Ridwan, M.T. memberikan bonus berupa tips-tips mudah berkuliah di Jerman. Diantaranya yaitu mempelajari budaya masyakarat Jerman, belajar Bahasa Jerman, mempunyai mental baja, mencari info, berjiwa traveler dan open minded. Beliau juga memaparkan beberapa lembaga penyedia beasiswa untuk berkuliah di luar negeri.

Dengan adanya kuliah umum ini, diharapkan Mahasiswa Teknik Logistik Universitas Pertamina  semakin memahami fokus dan fungsi Teknik Logistik yang luas di Masyarakat. Kemudian  mereka juga diharapkan mampu melihat banyaknya peluang kerja untuk lulusan Teknik Logistik di berbagai sektor, seperti sektor kelautan, industri, transportasi, dan yang lainnya. (Vitra/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *