Mahasiswa Universitas Pertamina Juarai Perlombaan Kampanye Sosial Festival Komunikasi di Universitas Pancasila

JAKARTA – Kemajuan teknologi dan informasi saat ini telah memberikan dampak yang sangat signifikan di dalam kehidupan masyarakat, beragam manfaat pun dapat dirasakan berkat kehadiran kemajuan teknologi tersebut, salah satunya ialah memberikan kemudahan bagi para pengguna untuk mendapatkan informasi. Namun, seiring berjalannya waktu, informasi yang tersebar melalui internet seringkali dimanipulasi oleh oknum yang tidak bertanggung jawab demi kepentingan tertentu.

Berangkat dari keresahan akan fenomena hoax yang merajalela di masyarakat, Audia Harin (Ilmu Komunikasi), Rahmadhani Haris (Ilmu Komunikasi), Amien (Teknik Elektro) perwakilan dari Universitas Pertamina mengikuti perlombaan kampanye sosial pada Festival Komunikasi Universitas Pancasila dengan mengangkat tema hoax.

Dalam wawancara yang dilakukan oleh intern humas (Ezra Karenkapukh) dengan mahasiswa tersebut, mereka memaparkan bahwa perlombaan terdiri dari berbagai tahapan. Tahapan yang paling ditunggu adalah tahap untuk mempresentasikan kampanye sosial. Di tahap ini, Audia, Rahmadhani, dan Amien diwajibkan untuk mempresentasikan kampanye sosial dengan alat peraga. Meskipun dirasa sulit mengingat keterbatasan waktu yang mereka miliki, kelompok ini menemukan ide sebagai jalan keluar,“kami H-1 membuat gantungan kunci dan poster-poster yang nantinya dibagikan kepada hadirin,” terang Audia.

Di tahap akhir perlombaan, kelompok mempresentasikan ide untuk memerangi fenomena yang telah menganggu masyarakat dengan membuat permainan bertajuk fill the blank. Pemain diminta untuk mengisi kekosongan gambar dengan pilihan yang tersedia. Selanjutnya pemain akan diperhadapakan dengan sejumlah gambar yang mirip satu sama lain dan memilih gambar hoax. Ketiga, pemain diharuskan untuk mengkategorikan gambar-gambar ke dalam kolom hoax atau tidak hoax. Kelompok meyakini bahwa games merupakan cara yang tepat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang hoax secara tidak langsung.

Kelompok mengatakan jika tim penilai mengapresiasi dengan ide yang telah dibuat oleh Audia, dkk ini. Berkat ide kreatif tersebut, kelompok ini telah berhasil mendapatkan Juara ke-3 Kampanye Sosial pada Festival Komunikasi Universitas Pancasila. Di akhir wawancara, Audia, Rahmadhani, dan Amien berpesan kepada civitas Universitas Pertamina untuk selalu mencari kebenaran informasi sebelum mempercayai atau menyebarkan suatu informasi, agar tidak ada pihak yang dirugikan dari tindakan tersebut. (Ezra/Ita).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *