Elaborasi PT Pertamina (Persero) dan Universitas Pertamina dalam Menghasilkan Penelitian Terapan

Jakarta – Selain fokus pada pengembangan pembelajaran, Universitas Pertamina (UP) terus berupaya untuk menjajakan kerjasama dengan sejumlah mitra dalam mendukung penelitian yang dapat diaplikasikan di masyarakat. Guna mewujudkan hal itu, pada 25 April 2017, UP melaksanakan workshop penelitian dengan Fungsi Research and Development (R&D) PT. Pertamina (Persero). Kegiatan yg diinisiasi oleh Kantor Wakil Rektor 3 bidang Riset, Pengembangan dan Kerjasama UP menghadirkan sejumlah pembicara dari R&D PT. Pertamina (Persero) yaitu Agustina Eliyanti, Kustinah, dan Sri Mujiati.

Kegiatan ini terbagi dalam dua sesi yang terdiri dari sesi pertama mengenai pemaparan singkat mengenai penelitian yang sudah dan akan dilakukan oleh R&D PT. Pertamina (Persero) dan sesi kedua berupa diskusi yang melibatkan sejumlah dosen dari berbagai program studi di UP.

Dalam pemaparan yang disampaikan oleh Agustina, penelitian seharusnya dapat mengkombinasikan penelitian yang teoritis dan aplikatif dengan harapan dapat mengetahui perkembangan teknologi bisnis energi hingga diterapkan secara langsung. Di R&D Pertamina, untuk menghasilkan penelitian aplikatif, R&D harus mengacu pada 5 pilar strategis berbasis tata nilai perusahaan yaitu pengembangan sektor hulu, efisiensi di semua lini, peningkatkan kapasitas kilang, pengembangan infrastruktur dan marketing, serta perbaikan struktur keuangan. Selain mengacu pada pilar dan nilai perusahaan, R&D juga melakukan open innovation dengan mengajak sejumlah stakeholder untuk bekerjasama dalam mengembangkan penelitian, salah satunya berkolaborasi dengan perguruan tinggi seperti UP.

Sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi terkait sejumlah bidang yaitu Process Development, New and Renewable Energy dan Fuel Gas dengan peserta utama yaitu dosen prodi Kimia, Teknik Kimia, dan Teknik Mesin. Selain itu, ada pula topik yang didiskusikan yaitu Catalyst dan Material, Petrochemical dan Chemical, Industrial dan Environment Protection, Nonfuel dengan peserta utama dosen prodi Kimia, Teknik Kimia, dan Teknik Lingkungan. Kegiatan ini diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang bermanfaat bagi UP, PT. Pertamina (persero), & masyarakat. (Pristiya/Ita)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *