IMG_0965

Pembukaan Koperasi Unggul Prima Sentosa Universitas Pertamina

JAKARTA – Pada 28 Februari 2017 Universitas Pertamina mengadakan Rapat Pendirian Koperasi Unggul Prima Sentosa. Rapat Pendirian Koperasi bertempat di Auditorium Lantai 3 Gedung Griya Legita Universitas Pertamina. Koperasi ini didirikan sebagai wujud nyata komitmen Universitas Pertamina dalam membantu kegiatan-kegiatan di Universitas Pertamina dan untuk menyatukan manajemen sumber daya manusia dan para pekerja di Universitas Pertamina.

Acara dimulai dengan pembukaan  dan doa oleh Ir. Sugiyarto, MBA selaku Ketua Koperasi Unggul Prima Sentosa Universitas Pertamina sekaligus Sekretaris Universitas Pertamina. Selanjutnya dilakukan pembahasan koperasi oleh seluruh calon anggota koperasi, adapun penyuluhan dan tanya jawab dari perwakilan dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan DKI Jakarta yakni Erwin Silalahi dan Yudi Saputra. Acara diakhiri dengan penandatanganan akte pendirian koperasi oleh seluruh pengurus dan calon anggota koperasi.

Selain menyampaikan tentang seluk beluk koperasi dan manfaatnya, acara tersebut juga mengagendakan pembentukan kepengurusan Koperasi Unggul Prima Sentosa, yaitu Ir, Sugiyarto, MBA selaku Ketua Koperasi, Wahyu Agung Pramudito, Ph. D sebagai Sekretaris Koperasi, Bendahara Dian Mardiana. Kemudian susunan pengawas yang diusulkan sebagai koordinator yaitu Prof. Akhmaloka Ph. D., anggota satu yaitu Budi W. Soetjipto, Ph. D., anggota dua yaitu Simson Panjaitan, MBA., dan anggota tiga adalah Prof. DR. Ichsan Setya Putra dengan masing- masing masa jabatan kerja lima tahun.

Rapat pendirian koperasi ini membahas pula jenis usaha yang akan dijalankan. Jenis usaha yang akan dijalankan dibagi menjadi tiga bagian yaitu usaha utama meliputi perdagangan dan menduduk pedidikan dan penelitian. Kemudian usaha yang kedua adalah usaha pendukung usaha utama meliputi usaha jasa tenaga kerja,penyewaan kendaraan bermotor, jasa penyediaan makanan dan minuman.Ketiga dalah jenis usaha tambahan yaitu jasa fotokopi dan percetakan , dan usaha pemeliharaan kebersihan.

Dalam rapat pendirian Koperasi Unggul Prima Sentosa simpanan anggota yang diusulkan meliputi simpanan pokok dan simpanan wajib, masing-masing adalah Rp. 500.000,00 dan Rp. 100.000,00. Modal usaha yang berasal dari simpanan pokok, simpanan wajib, dan donasi dari para anggota sebesar Rp.50.000.000;00. Hal itu telah sesuai seperti yang disampaikan wakil dari Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan DKI Jakarta yakni Erwin Silalahi bahwa syarat mendirikan koperasi adalah harus adanya simpanan pokok, simpanan pokok, modal, dan rapat tahunan minimal sekali setahun.

IMG_0965

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *