IMG_4646

Gelar Kuliah Umum di Universitas Pertahanan, Prof. Akhmaloka, Ph.D. Sampaikan Peran Perguruan Tinggi terhadap Ketahanan Energi Nasional

Jakarta – Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, kebutuhan akan energi juga semakin meningkat. Hal ini berdampak pada ketidakseimbangan laju ketersediaan energi di Indonesia. Fenomena ini menimbulkan kekhawatiran akan ketahanan energi nasional, terutama kekhawatiran akan ketersediaan cadangan energi untuk masa depan.

Sebagai salah satu universitas yang memiliki fokus kurikulum pendidikan di bidang bisnis energi dan energi terbarukan, Universitas Pertamina berkomitmen untuk mencetak lulusan yang akan berkontribusi untuk inovasi di bidang energi, salah satunya adalah menjaga ketahanan energi nasional. Dalam rangka mengenalkan peran Universitas Pertamina dalam ketahanan energi nasional, Rabu 8 Maret 2017, Rektor Universitas Pertamina, Prof. Akhmaloka, Ph.D, menyampaikan kuliah umum di Universitas Pertahanan, Sentul, Jawa Barat.

Melalui materi yang disampaikannya, Prof. Akhmaloka juga menjelaskan tentang pentingnya mengenali dan menggali potensi energi global guna mengurangi ketergantungan terhadap energi primer yang saat ini digunakan di Indonesia, yakni bahan bakar minyak. Di Indonesia, sejumlah energi alternatif juga sedang dikembangkan, diantaranya: energi panas bumi, matahari, angin, hidroelektrik, gas alam, batu bara dan nuklir.

Universitas Pertamina yang berada di bawah naungan PT. Pertamina (Persero) memiliki kedekatan dengan bisnis energi, sehingga tri dharma perguruan tinggi seperti pengajaran, penelitian, dan pengabdian dirancang sedemikian rupa agar dapat berfokus pada teknologi dan bisnis energi dalam berbagai aspek. Kegiatan  penelitian di Universitas Pertamina sendiri diselaraskan dengan Direktorat Energi Baru dan Terbarukan dan Fungsi Research and Development (R&D), PT. Pertamina (Persero).

Dengan 15 program studi yang dapat menunjang proses inovasi di bidang energi, Prof. Akhmaloka berharap Universitas Pertamina dapat memenuhi kebutuhan dunia energi akan penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten di ranah ilmunya masing-masing. Prof. Akhmaloka juga menyampaikan harapannya terhadap kontribusi lulusan Universitas Pertamina dalam ketersediaan sumber energi, keterjangkauan pasokan energi, dan kelanjutan pengembangan energi baru terbarukan di Indonesia.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *