UPBRINGING-KPK

Membangun Integritas Generasi Muda Melalui Upbringing KPK

Jakarta – Dalam rangka membudakayakan gerakan aktif cegah korupsi kepada mahasiswa, Universitas Pertamina menyelenggarakan The Upbringing Session: Pendidikan Anti Korupsi, dengan mengundang wakil ketua KPK, Bapak Saut Situmorang sebagai pembicara.

Dalam seminar yang dilaksanakan selama dua jam tersebut, Bapak Saut Situmorang menyampaikan bahwa korupsi dapat dicegah mulai dari lingkungan terdekat. Contoh yang beliau berikan adalah lingkungan tempat bekerja. Beliau juga memberikan simulasi melalui beberapa pertanyaan interaktif sederhana kepada para peserta seminar.

Dalam beberapa kegiatan usaha maupun kegiatan bisnis, menurut Bapak Saut, budaya korupsi masih banyak dijumpai di Indonesia, bahkan sudah menjadi suatu hal yang lazim. Diantaranya yakni budaya gratifikasi dan pungutan liar (pungli). Hal ini kemudian mendorong KPK untuk menggalakan pendekatan komprehensif kepada para pihak terkait, guna membangung integritas praktik bisnis dalam beberapa sektor, diantaranya : sektor kesehatan, migas, kehutanan, infrastruktur, pangan, dan sektor lainnya.
Pendekatan tersebut, kemudian diberi nama gerakan PROFIT (Profesional Berintegritas). Gerakan ini mengedepankan sistem penindakan dan pencegahan terintegrasi. Menurut Bapak Saut, gerakan ini diharapkan mampu untuk menumbuhkan kesadaran para pelaku bisnis untuk melakukan bisnis sesuai moral, etika bisnis, kode prilaku dan peraturan perusahaan yang berlaku. Sehingga, hasil akhir yang diharapkan adalah dapat tercapainya kegiatan bisnis yang bersih dari korupsi.
Seminar yang dilaksanakan pada hari Jum’at, 20 Januari 2017 di kompleks Universitas Pertamina ini juga diharapkan dapat membantu KPK untuk mencapai targetnya pada tahun 2017, yakni mewujudkan Indonesia bersih dari korupsi dengan melibatkan seluruh elemen bangsa. Selain itu, dengan seminar ini, generasi muda diharapkan dapat menjadi bagian dari agen anti korupsi dengan cara melaporkan apabila melihat, mendengar atau mengalami upaya korupsi di lingkungannya.

UPBRINGING-KPK

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *