UPSTRACT_2

Bangun Kesadaran Kawasan Tanpa Rokok Melalui UPStract

Jakarta – Sejumlah penelitian membuktikan bahwa asap rokok memberikan efek mematikan bagi para penggunanya jika dikonsumsi secara berlebihan. Komponen yang ada didalam asap rokok atau disebut sebagai emisi asap tidak hanya memengaruhi pengguna tetapi juga orang disekitar yang dikenal sebagai perokok pasif, kelompok orang yang terpapar asap rokok.  Maka dari itu, demi mewujudkan lingkungan sehat dan nyaman, Universitas Pertamina menyelenggarakan UPSTRACT dengan tema “ASAPMU BUKAN ASAPKU” pada 21 Januari 2017 di komplek Universitas Pertamina, Simprug. Acara yang diusung oleh Kantor Direktorat Wakil Rektor III Universitas Pertamina, menggandeng Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Pertamina untuk menyukseskan kegiatan.

Acara dibuka dengan penandatanganan deklarasi kawasan tanpa asap rokok yang dilakukan oleh Rektor Universitas Pertamina (Prof. Akhmaloka, Ph.D), Ketua Pertamina Foundation (Umar Fahmi), Vice President Pertamina Corporate University (Ihsanuddin Usman), Wakil Ketua Umum Persatuan Wanita Patra (Endah Ahmad Bambang), Presiden Direktur Pertamina Training and Consulting (Taryono), Operation Manager PT Patra Jasa-Pertamina Simprug Residence, Manager Human Capital PT Shandy Putramakmur Telkom, serta diikuti oleh pewakilan dari masing-masing program studi.

Setelah penandatanganan deklarasi, peserta yang terdiri dari dosen, staff, tamu undangan, dan perwakilan dari masing-masing program studi berkumpul untuk mengikuti lari estafet. Peserta mengelilingi rute untuk mengetahui kawasan larangan merokok dan kawasan merokok di lingkungan Universitas Pertamina. Selain melaksanakan lari bersama, terdapat perlombaan tarik tambang dan bakiak yang diadakan di lapangan voli serta perlombaan estafet air dan bola gebok di lapangan sepak bola. Keseluruhan perlombahan berlangsung hingga siang hari.

Penampilan Ge Pamungkas dan Kunto Aji sebagai bintang tamu di acara menambah semarak acara UPSTRACT. Panitia juga mengumumkan pemenang lomba esai yang telah diadakan sebelum acara UPSTRACT digelar. Adapun pemenang lomba tersebut adalah Elvin Sujatmiko – Teknik Geologi (Juara I), Vebrionsius Sihombing – Teknik Perminyakan (Juara II), dan Muhammad Amien Marzuq – Teknik Elektro (Juara III). Pemenang lomba poster yaitu Elvin Sujatmiko – Teknik Geologi (Juara I), Abi Mawalid – Teknik Geologi (Juara II), dan Refal Pradama Dahlan – Ilmu Komputer (Juara III). Sedangkan pemenang lomba fotografi yaitu Afif Thufail – Ilmu Kimia (Juara I), Ariscynatha Putra Ingpraja – Hubungan Internasional, Ronei Gunawan – Teknik Perminyakan (Juara III).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *