upskilling_1

UPSkilling Tahap 1: Rintisan Riset Universitas Pertamina di Bidang Pembangunan Energi Nasional

Jakarta – Sebagai bentuk penerapan Tri Dharma Universitas yakni penelitian, Universitas Pertamina melaksanakan kegiatan UPSkilling dengan tema “Membangun Energi Bangsa Guna Mewujudkan Produktivitas dan Kemandirian Ekonomi Menuju Indonesia Berdaulat“. Kegiatan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada dosen Universitas Pertamina untuk melakukan penelitian di bidangnya masing-masing juga sebagai sarana bagi para dosen untuk mempublikasikan hasil penelitiannya.

Dari total 20 proposal penelitian yang diajukan, 13 proposal penelitian dinyatakan lulus pada tahap pertama dan selanjutnya para dosen melakukan presentasi proposal mereka yang dilaksanakan pada hari Kamis, 22 Desember 2016. Ke-13 proposal penelitian tersebut terdiri dari dua proposal penelitian program studi Teknik Sipil, satu proposal penelitian program studi Teknik Logistik, satu proposal penelitian program studi Teknik Elektro, dua proposal penelitian program studi Teknik Lingkungan, satu proposal penelitian program studi Teknik Mesin, dua proposal penelitian program studi Teknik Geologi, satu propsal penelitian program studi Teknik Geofisika, satu proposal penelitian program studi Teknik Perminyakan, dan dua proposal penelitian program studi Hubungan Internasional.

Adapun dewan juri yang hadir pada presentasi yang bertempat di Gedung Griya Legita, Kompleks Universitas Pertamina, terdiri dari dosen dari berbagai Universitas seperti Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Pertahanan, Universitas Trisakti, King Abdulaziz University serta perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan dan para praktisi dari Pertamina. Dewan juri yang memiliki latar belakang yang beragam diharapkan dapat memberikan penilaian berdasarkan sudut pandang yang berbeda.

Ke depan, proposal yang dinyatakan lolos akan mendapatkan dana hibah yang diperoleh untuk tahun pertama sebesar seratus juta rupiah untuk masing-masing proposal penelitian. Dana ini diprediksi akan terus bertambah seiring dengan terjalinnya kerjasama antara tim peneliti dengan mitra dan institusi terkait. Selain publikasi ilmiah nasional dan prosiding pada seminar ilmiah nasional, hasil akhir dari proposal penelitian tersebut juga diharapkan dapat memperkaya bahan ajar untuk bidang ilmu masing-masing. (UPT Humas)

Galeri :

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *