impk_geo1

Mahasiswa Teknik Geologi Antusias Persiapkan Diri Menghadapi “Medan” dengan Kunjungan Lapangan dan Pengabdian Masyarakat

Bogor–Sehubungan dengan berakhirnya kegiatan perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2016/2017, Program Studi Teknik Geologi mengadakan kegiatan pengenalan lapangan melalui kegiatan pengabdian masyarakat dan berlatih Ilmu Medan, Ilmu Peta, dan Ilmu Kompas (IMPK) yang dilaksanakan di Kawasan Lingkung Gunung, Ciawi, Bogor, selama 3 hari berturut-turut daritanggal 9-11 Desember 2016

Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan mahasiswa mengenai kondisi yang terjadi di lapangan, tetapi mahasiswa juga dapat memperkaya dan mempraktikan pengetahuan mereka tentang  tata cara penggunaan kompas dan membaca peta kontur mengingat perang eologist kedepannya yang “wajib” tahu ketik asaat dilapangan mengenai kompas, medan, dan peta sebagai alat utama di lapangan. Selain mempelajari ilmu kompas dan peta, mahasiswa dibekali dengan pelatihan prosedur bahaya dilapangan, keselamatan dilapangan, serta cara mengantisipasinya. Melalui bantuan dari Tim Event Organizer GEA ITB yang sudah berpengalaman, mahasiswa juga diajarkan untuk bertindak secara baik dan sigap.

Lebih lanjut, Program Studi Teknik Geologi Universitas Pertamina mengadakan pengabdian masyarakat sebagai bentuk kepedulian sivitas akademik yang dilaksanakan di Madrasah Alliyah (MA) Sirojul Athfal. Dalam acara ini, mahasiswa geologi memberi pelatihan serta tata cara antisipasi bencana dengan sigap dan tepat, serta memitigasi bencana dengan melakukan upaya- upaya pengurangan resiko secara struktur aldan non-struktural bencana alam untuk mengurangi korban bencana. Di akhir acara, mahasiswa teknik geologi juga diberikan pelatihan kecapakan untuk menjadi mahasiswa yang humanis, bertanggungjawab, dan disiplin yang sesuai dengan nilai-nilai yang ada di Universitas Pertamina.

Acara berakhir sekitar pukul 13.00 pada hari Minggu, 11 Desember 2016, ditutup dengan evaluasi mengenai seluruh kegiatan yang berguna untuk kesuksesan acara lainnya kedepannya. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadikan suatu pembelajaran serta pengalaman untuk diterapkan nantinya di lapangan yang sesungguhnya, karena menjadi sebuah geologist, tidak ada kata pantang menyerah.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *