Rektor Corner: Sarjana Plus

Universitas Pertamina (UP) didirikan untuk menghasilkan sarjana plus, yaitu lulusan yang memiliki kecendikiaan sekaligus memiliki kecakapan untuk bekerja di industri. Lulusan UP merupakan scholar atau cendekia yang tidak hanya menguasai keilmuan, namun juga memiliki karakter profesional.
Untuk menghasilkan sarjana dengan kecendikiaan yang dalam dan berkarakter profesional, UP telah menyusun kurikulum dengan standar pendidikan global. Selama perkuliahan, mahasiswa akan mendapatkan materi keilmuan dan sekaligus pengalaman kerja/ magang di dunia industri. Pada tahun pertama, di semester satu dan dua, mahasiswa akan mendapatkan mata kuliah sains dasar. UP ingin mematahkan anggapan bahwa universitas yang didirikan oleh korporat seringkali tidak mumpuni dalam aspek scientific. Maka, di tahun pertama inilah mahasiswa akan dibekali mata kuliah sains dasar untuk menguatkan logical thinking para mahasiswa.
Sedangkan di tahun kedua, mahasiswa akan mengikuti perkuliahan yang tidak hanya diajarkan oleh akademisi, namun juga oleh kalangan praktisi industri. Setelah melewati tahun pertama, materi yang diajarkan bukan lagi materi ilmu dasar, tetapi penguatan di bidangnya masing-masing. Proses belajar mengajar mengarah kepada kompetensi di bidang industri, khususnya industri energi dan energi terbarukan. Hal ini sangat mungkin dilakukan karena UP memiliki dukungan fasilitas dan kedekatan dengan industri (close to the industry), bahkan UP lahir dari dunia industri.
Pengalaman selama ini, banyak sarjana-sarjana dengan indeks prestasi komulatif (IPK) tinggi tidak mampu lolos dalam seleksi untuk bekerja karena para lulusan tersebut tidak dibekali dengan kemampuan berkomunikasi yang baik. Universitas Pertamina akan mengenalkan para mahasiswa lebih awal tentang bagaimana berinteraksi dengan dunia industri. UP dengan dukungan penuh dari PT Pertamina (Persero) akan memberi kesempatan kepada para mahasiswa untuk mengembangkan karakter profesional di dunia kerja. Pelaku utama bisnis energi di Indonesia akan memberikan peluang kepada para mahasiswa untuk menimba ilmu pengetahuan, penelitian, dan magang di PT Pertamina (Persero) dan seluruh anak perusahaan PT Pertamina (Persero) serta mitra kerjanya. Dengan proses ini diharapkan proses belajar mengajar di UP dapat menjembatani antara dunia akademisi dan industri. Sehingga sarjana lulusan UP selain memiliki keilmuan yang cukup kuat juga memiliki karakter profesional untuk terjun di dunia industri. Selamat berjuang para calon sarjana plus dan mari bergabung dengan Universitas Pertamina.

Rektor,
Prof. Akhmaloka, Ph.D.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *